Inilah KUA Kota Tomohon 2019

184
Suasana rapat paripurna penyampaian KUA-PPAS di Kantor DPRD Tomohon. (ist)

Tomohon, MP
Berikut ini Rancangan KUA (Kebijakan Umum Anggaran) Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2019. Pertama, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). APBD merupakan kerangka kebijakan publik yang memuat hak dan kewajiban pemerintah daerah bersama masyarakat. Ini tercermin dalam rencana pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah.

Program kegiatan perangkat daerah direncanakan dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang sebelumnya telah ditampung dalam pelaksanaan Musrenbang. Jadi, anggaran yang tersusun adalah sinergitas dari usulan masyarakat, perencanaan daerah (RKPD, RPJMD dan RPJPD ), arah kebijakan Walikota-Wakil Walikota Tomohon serta Prioritas Nasional dan Provinsi Sulawesi Utara.

Kedua, capaian target pembangunan daerah Kota Tomohon Tahun 2019. Itu diselaraskan dengan RKPD Kota Tomohon Tahun 2019. Ketiga, APBD TA 2019 disusun dengan pendekatan kinerja yang berpedoman pada prinsip efektif, efisien, ekonomis, transparan dan bertanggung jawab. Tentu dengan memperhatikan azas keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.

Keempat, arah kebijakan keuangan daerah difokuskan untuk mengakomodir kebutuhan. Prioritas pembangunan daerah Tahun 2019 antara lain, peningkatan kapasitas SDM yang sejalan dengan prioritas nasional. Pembangunan sarana dan prasarana yang menunjang pariwisata daerah. Peningkatan status Rumah Sakit Umum Daerah. Pengembangan pemanfaatan teknologi informasi. Selanjutnya, upaya dalam penanggulangan kemiskinan daerah.

Pun kebijakan pembiayaan daerah Kota Tomohon TA 2019 diarahkan untuk pengamanan sisa perhitungan anggaran tahun lalu. Sehingga sekiranya dapat dipergunakan secara efisien bagi kegiatan yang bernilai ekonomis tinggi. Atau pun cadangan penguatan modal. Bahkan dana cadangan daerah. Diketahui, rancangan KUA ini disampaikan Walikota Jimmy F Eman SE Ak dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon, Kamis (13/9). (timmp/01)