Jalan Alternatif Manado-Tomohon Via Kali Sudah Mendesak

273
Jenny M. Mumek (Iswan Sual)

Manado, MP

Kapasitas ruas jalan Manado-Tomohon semakin berkurang. Besar kemungkinan, disebabkan oleh pertambahan jumlah kendaraan yang tak terbendung.

Jadinya, tiap hari kemacetan di jalan tersebut kian parah. Masyarakat yang saban hari memanfaatkannya pun mengeluhkan waktu tempuh yang makin panjang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Utara (DPRD Sulut) Jenny M. Mumek mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut segera menuntaskan pembangunan jalan alternatif yang melalui desa Kali dan Lotta Pineleng tersebut.

“Tolong ruas jalan yang melalui Kali Lotta itu segera diselesaikan. Ini sudah sangat urgent,” tegas politisi PDI-P itu saat rapat bersama Komisi I DPRD Sulut pada Kamis, (13/9) 2018.

Di tempat yang sama, ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang mengatakan, Walikota Tomohon Eman beberapa bulan lalu telah mengiyakan pembebasan lahan demi memperlancar pengerjaan jalan itu.

“Pak walikota setuju pembebasan lahan.
Ini sudah 9 bulan berlalu. Saya pernah lewat jalan Manado-Tomohon sampai memakan waktu satu jam setengah.  Padahal cuma sejauh 2 kilometer.  Jadi, buka dulu jalan alternatif,” pungkas Ferdinand Mewengkang.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili Kepala Bagian Pemerintahan Setda Provinsi Sulut Drs.  James N. Kewas mengiyakan untuk segera menyelesaikan hal itu.  (Iswan Sual)