JFE Respons Pemandangan Umum Fraksi Soal Raperda APBD 2019

185
JFE menyerahkan dokumen tanggapannya. (ist)

Tomohon, MP
Pasca penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi mengenai rancangan peraturan daerah (Ranperda) APBD (anggaran pendapatan belanja daerah) Kota Tomohon Tahun 2019, Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak (JFE) pun memberikan tanggapannya. Katanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon memberikan apresiasi kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sejuk. Dimana telah menyampaikan pemandangan umumnya.

Menurutnya, dengan mendengar dan mencermati penyampaian pemandangan umum tersebut, melahirkan beragam pemahaman, perbedaan pendapat. “Namun kita melihat itu merupakan proses demokrasi dengan mengedepankan logika rasional,” kata JFE dalam rapat paripurna yang digelar di Kantor DPRD Kota Tomohon, Senin (24/9).

Selanjutnya Pemkot Tomohon sangat menghargai perhatian dan keseriusan pimpinan dan anggota DPRD. Utamanya dalam pembahasan dan pengkajian yang hasilnya telah dituangkan dalam pemandangan umum fraksi. Berikut ini sejumlah tanggapan yang diutarakan JFE.

Pertama, mengenai Rumah Sakit Umum Daerah Kota Tomohon telah melakukan upaya awal dengan menaikan status dari tipe D Pratama ke tipe D. Kedua, tenaga penyuluh pertanian di Dinas Pangan dipertimbangkan dan dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Ketiga, infrastruktur kelurahan menjadi target dan sasaran pada RAPDB Kota Tomohon Tahun 2019. Keempat, pendapatan daerah untuk target dan rencana, sudah dipertimbangkan secara saksama, sesuai potensial.

“Segala masukan akan kami terima dan menjadi bahan dalam pembahasan selanjutnya. Harapan kami, kita akan mampu meyelesaikan Ranperda ini secara bersama-sama. Untuk selanjutnya ditetapakan sebagai peraturan daerah Kota Tomohon,” asa JFE.

Rapat ini dipimpin Ketua DPRD Ir Miki Wenur MAP didampingi Wakil Ketua Carol Senduk SH dan Youdy Moningka SIP. Tampak hadir para anggota dewan, Sekretaris Daerah Ir Harold Lolowang MSc dan jajaran Pemkot Tomohon. (timmp/01)