Jokowi Ajak Berantas Mafia Peradilan

254

Menggema di Sidang Tahunan MA 2019

Manado, Mangunipost.com – Fenomena mafia peradilan yang masih bergerilya di Indonesia, ikut membuat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) angkat suara, Rabu (27/02).

Saat menghadiri kegiatan Laporan Tahunan Mahkamah Agung 2018 di Sidang Pleno Mahkamah Agung (MA) RI 2019, Jokowi melalui sambutannya telah mengajak segenap perangkat peradilan se-Indonesia untuk terus berkomitmen membangun reformasi sistem hukum dengan memberantas pergerakan mafia peradilan.

“Dengan sinergi yang kuat kita lanjutkan reformasi sistem hukum yang berkeadilan. Dengan sinergi yang kuat kita lanjutkan pemberantasan mafia peradilan dan penindakan terhadap tindakan korupsi di lingkungan Lembaga Hukum,” ajak Jokowi, saat menghadiri kegitan MA RI di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ajakan Presiden RI itu terpantau wartawan Mangunipost.com, ketika Pengadilan Negeri (PN) Manado terpilih dari 4 PN se-Indonesia, untuk terkoneksi langsung dengan kegiatan tersebut melalui teleconference, di ruang sidang utama PN Manado.

Selain itu, Jokowi juga memberi apresiasi atas terobosan-terobosan MA RI yang diketuai Hatta Ali, dalam upaya mengembalikan seutuhnya kepercayaan masyarakat mencari keadilan di pengadilan.

“Terobosan-terobosan yang telah dilakukan oleh Mahkamah Agung memang sangat diperlukan untuk mengembalikan kesan rakyat terhadap penegakan hukum dan integritas peradilan di Indonesia,” ungkap Presiden RI.

“Hingga rakyat dapat merasakan secara nyata bahwa keadialan benar-benar dapat terwujud di ruang pengadilan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, dalam teleconference tersebut, telah hadir Wakil Ketua PN Manado, Liliek Prisbawono Adi, bersama segenap Hakim, Sekretaris, Panitera, Panitera Pengganti dan staf.

Sementara itu, Ketua PN Manado, Lukman Bachmid bersama Juru Bicara Hakim, Vincentius Banar telah menghadiri langsung kegiatan tersebut di Jakarta.

Penulis : Rizali Posumah

Editor : Jack Wullur