Juli 2019, 48 Calon Jamaah Haji Minahasa Siap Diberangkatkan

327

Tondano, MP – Berapa banyak calon Jamaah Haji Reguler yang siap diberangkatkan dari Kabupaten Minahasa, Juli 2019 nanti.

Telah dibeberkan Kepala Kantor Departemen Agama (Depag) Minahasa, melalui Kepala Seksi (Kasie) Penyelenggara Haji dan Umroh, Fitriyani Hi Muthalib, Rabu (30/1).

Menurut keterangan Fitriyani, ada sebanyak 48 calon Jamaah Haji yang siap diberangkatkan pihaknya pertengahan tahun ini.

“Rencananya bulan Juli tahun ini, 48 calon Jamaah Haji Reguler di Minahasa akan diberangkatkan,” terang Fitriyani.

Selebihnya, dirinya menambahkan bahwa kuota 48 ini masuk dalam kuota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Selain itu, diungkap pula kalau subsidi dari pemerintah untuk calon Jamaah Haji sudah tidak berlaku lagi.

“Sekarang sudah tidak ada lagi subsidi dari pemerintah daerah, seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi sekarang, calon Jamaah Haji harus mendaftar sendiri tanpa ada subsidi dari pemerintah,” pungkasnya.

Adapun persyaratan untuk mendaftar menurut keterangan Fitriyani, para calon Jamaah Haji harus memasukan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Akte Nikah. Lalu menyetorkan dana awal sebesar Rp25 juta, serta melakukan validasi semua identitas di Bank yang ditunjuk. Sesudah itu, semua berkas yang divalidasi baru dimasukan ke Depag.

“Sebelum berangkat, semua calon Jamaah Haji harus diperiksa kesehatannya. Kemudian ada vaksinasi menginitis dan flu. Dan ini wajib dilakukan setiap calon Jamaah Haji yang akan melakukan Ibadah di Tanah Suci,” tuntasnya. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur