Kaka Slank Ingatkan Agar Retribusi Memperbagus Bunaken

319
Kaka Slank (berkaos biru) saat konferensi pers di Hotel Aston Manado (mangunipost.com/Iswan Sual)

Manado, MP

Kaka Slank berkunjung lagi ke Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pada hari ini (3/9) 2018, dia berkesempatan bersama-sama dengan Koalisi Save Bangka Island (SBI) untuk membantu kampanye pemulihan Pulau Bangka.

Diberitakan sebelumya Pulau Bangka sempat jadi korban perusakan oleh perusahaan tambang PT MMP. Tapi hingga kini nampak belum ada tanda akan hengkang dari pulau itu.

Di sela-sela sebelum dimulainya acara, MP meminta tanggapannya terkait wisata di Sulut.

Katanya, dia memiliki banyak teman di Sulut. Itu membuat wisatanya menjadi seru kalau waktu kunjungannya panjang.

“Di Sulut saya keliling. Ke gunung, danau, hutan. Banyaklah disini. Serunya di Manado tuh, di setiap tempat aku punya teman. Jadi, biasanya kalu punya waktu panjang di Manado saya suka keliling ke teman-teman,” kata pria berambut ikal nan gondrong tersebut di Hotel Aston Manado.

Diinformasikan Kaka, dia pernah menyelam di daerah Minahasa Selatan (Minsel). Sayangnya, kala itu kondisi areanya tidak memuaskan. Harapnya sudah berubah.

“Pernah diving (menyelam, red) di Minsel, di Popareng kalo nggak salah. Pokoknya daerah dilindungi. Tapi kurang bagus. Tapi kalo sudah dilindungi, bisa ada waktu untuk recovery (pemulihan), bisa bagus lagi.

Ketika dimintai tanggapannya soal Taman Laut Bunaken, Kaka menghimbau agar dana retribusi yang dipungut bisa menjadikan area wisata itu lebih bagus.

“Bunaken kan Taman Nasional nih. Disitu kan kita bayar tuh. Retribusi harus bisa bener-bener jadi kayak banyakin tempat sampah. Dana retribusi harusnya jadi sesuatu untuk untuk memperbagus,” tutupnya (Iswan Sual)