KEIN Kunjungi Fasilitas Pengolahan Emas Bebas Merkuri AGC di Tatelu

368
KEIN meninjau lokasi tambang Tatelu

Manado, MP

Sebanyak 30 orang perwakilan dari Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) berkunjung ke salah satu site project Program Emas Rakyat Sejahtera (PERS) milik Artisanal Gold Council (AGC) di Tatelu, Sulawesi Utara, Rabu (18/7) 2018.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk meninjau implementasi site project PERS di Tatelu, Sulawesi Utara.

Perwakilan dari KEIN berkeliling dan melihat peralatan apa saja yang digunakan dalam pengolahan emas bebas merkuri yang ditangani  AGC melalui PERS.

Mereka sempat pula berdiskusi dengan AGC dan stakeholders yang terlibat dalam program PERS di lokasi tambang tersebut.

“Program PERS dan AGC merasa terhormat atas kunjungan dari 30 orang perwakilan dari Komite Ekonomi dan Industri Nasional ini karena ada tujuan bersama antara program kami dan pemerintah Indonesia yaitu penghapusan merkuri di sektor Pertambangan Emas Skala Kecil,” ujar Darlis Nasution, (Deputy Program Manager of AGC Indonesia).

“Program PERS mengedepankan pendekatan komprehensif yang tidak hanya meliputi aspek teknis tapi juga bertujuan untuk mengintegrasikan aspek gender, hak, dan social ekonomi lainnya yang diimplementasikan dalam program ini, ” tambah Darlis.

PERS merupakan program peningkatan pembangunan sektor Pertambangan Emas Skala Kecil (PESK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mata pencaharian, lingkungan dan kesehatan bagi komunitas PESK di wilayah program di Indonesia.

Program ini didanai oleh Global Affairs Canada (GAC) bekerjasama dengan pemerintah Indonesia dan diimplementasikan oleh Artisanal Gold Council (AGC).