Kepala BPN Manado Sebut Pemblokiran Atas Putusan Pidana

80

MANADO, ManguniPost.com – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Manado, Gunthar Tutuarima ikut angkat suara terkait pemblokiran sertifikat tanah di jalan 17 Agustus Bumi Beringin yang dipersoalkan John Hamenda.

Saat dihubungi awak media, Selasa (28/07), Gunthar menyebutkan kalau proses pemblokiran dilakukan pihak dengan bersandar pada putusan pidana.

“Jaksa selaku eksekutor telah mengajukan surat permohonan terkait sertifikat tanah atas nama John Hamenda, dimana amar putusan pidana menyebutkan kalau tanah tersebut dirampas untuk negara. Dan dalam rangka mengamankan itu, kami melakukan pemblokiran,” terang Kepala BPN Manado.

Lebih lanjut, Gunthar menegaskan bahwa pemblokiran dapat dibuka kembali, apabila putusan hukum menerangkan kalau tanah tersebut dikembalikan ke bersangkutan.

Terkait putusan perdata PT Manado yang telah berkekuatan hukum tetap dan memenangkan pihak Hamenda, Gunthar menjelaskan kalau pihaknya tidak memiliki kapasitas melakukan pengkajian mendalam untuk membuka proses pemblokiran.

Dan Gunthar tetap berkuat pada putusan pidana sebagai dasar dilakukannya pemblokiran atas sertifikat tanah di jalan 17 Agustus Bumi Beringin, Kota Manado. (*)