Ketua Projo Sulut Kecam Aksi Penembakan di Selandia Baru

217

Manado, Mangunipost.com – Aksi brutal yang dilakoni Brendon Tarrant di Masjid Selandia Baru, Jumat (15/03) lalu, ikut mendapat kecaman keras Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Sulut, Louis Schramm atau akrab disapa Lucky Schramm.

Menurut Schramm, penembakan secara brutal di dua tempat ibadah itu sangat tidak berperikemanusiaan. “Kami jelas mengutuk keras aksi penembakan di Selandia baru, perbuatan itu sangat biadab. Banyak nyawa orang tak bersalah terenggut. Apalagi, ada korban dari Indonesia,” ujar Schramm, ketika dimintai tanggapan awak media, baru-baru ini.

Selebihnya, Schramm berharap warga Indonesia tidak mudah terprovokasi atas video penembakan brutal Brendon yang beredar di media social (medsos). “Yang jelas DPD Projo Sulut turut berduka sedalam-dalamnya atas peristiwa baru-baru ini di Selandia Baru. Dan berharap aksi biadab itu tidak menyebar ke Indonesia,” tuturnya.  

Selain itu, Ketua DPD Projo Sulut juga meminta TNI-Polri tetap kompak dan sigap dalam menjaga kesatuan NKRI. Sebab, tak dapat dipungkiri peristiwa di Selandia Baru ini dapat dimanfaatkan kelompok-kelompok tertentu, guna memecah belah bangsa.

Sekedar diketahui, puluhan nyawa telah melayang di Selandia Baru, pasca Brendon warga Australia menebakkan senjata otomatisnya di Masjid Al Noor, pusat kota Christchurch. Sedangkan, untuk serangan kedua di hari yang sama terjadi di Masjid Linwood, pinggiran kota.

Berdasarkan saksi mata, peristiwa penembakan di Masjid Linwood dilakukan oleh seorang pria bersenjata menggunakan helm motor hitam.

Terkait peristiwa penembakan ini, pihak kepolisian setempat menilai bahwa serangan brutal tersebut diduga kuat telah direncanakan. “Sangat terencana dengan baik. Beberapa senjata api ditemukan di kedua lokasi kejadian. Adapun dua bom rakitan ditemukan di dalam mobil dan dijinakkan oleh militer,” ungkap Komisaris Polisi, Mike Bush, sebagaimana dilansir dari BBC News Indonesia. (*)

Sumber : BBC News Indonesia

Penulis/Editor : Jack Wullur