KKN Unpi, Mahasiswa Gelar Penyuluhan, Pengobatan Gratis dan Menanam Pohon

403

Manado, MP

Mahasiswa Universitas Pembangunan Indonesia (Unpi) Manado, melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tondengesan, Kecamatan Kawangkoan dan Desa Tolok, Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Kerja pengabdian masyarakat ini direspon luar biasa oleh masyarakat setempat. Karena pada kegiatan KKN ini diadakan bakti sosial (Baksos). Di antaranya, penyuluhan kesehatan serta materi terkait hukum kepada masyarakat.

Hal ini disampaikan Krisna W. Saruni, salah satu mahasiswa KKN yang terlibat pada kegiatan Baksos.

“Kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Unpi yaitu Baksos pada masyarakat. Inti dari kegiatan Baksos yaitu penyuluhan kesehatan, serta seminar tentang hukum yang ada di Indonesia,” ungkap Krisna yang akrab disapa Iwi, via WhatsApp, Minggu (25/8).

Tapi bukan hanya sebatas penyuluhan kesehatan dan hukum yang diberikan kepada masyarakat setempat. Ada juga pemeriksaan kesehatan.

“Kami juga melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan seperti gula darah, kolestrol, asam urat, dan mata, serta pembagian kaca mata gratis. Semuanya tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Lebih lanjut Iwi menjelaskan, ada juga Dosen dan Dokter yang turun langsung ikut serta pada kegiatan ini.

“Tidak hanya mahasiswa KKN yang ada pada kegiatan Baksos, tetapi Dosen dan Dokter juga terlibat,” ujar Iwi.

Ia menambahkan, selain kegiatan penyuluhan dan pengobatan gratis, ada juga kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dan Dosen yaitu penanaman pohon di Desa Tolok.

“Bukan hanya penyuluhan kesehatan dan hukum serta pengobatan gratis yang diberikan pada masyarakat, ada juga penanaman pohon di Desa Tolok, Kecamatan Tompaso,” tukasnya. (Roki Taliawo)