KPU Boltim Usulkan Dana Pilkada Rp 20 M

149

Tutuyan, MP

Usulan dana hibah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang dimatangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Anggaran yang diusulkan oleh Komisioner KPU Boltim Kepada Pemerintah Daerah (Pemda) tersebut, berkisar kurang lebih Rp 20 Miliar.

Diketahui, tahapan Pilkada 2020 akan dimulai pada Bulan September 2019 mendatang.

Angka itu diusulkan oleh pihak KPU, mengingat adanya peningkatan kapasitas jumlah pemilih, serta tak menutup kemungkinan akan ada beberapa kandidat pasangan calon yang akan bersaing di Pilkada nanti.

Seperti dikatakan Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman Iroth. Menurutnya, untuk anggaran yang dipakai di Pilkada nanti, pihaknya saat ini masih sedang merampungkan rancangan anggaran untuk diajukan sebagai permohonan dana hibah ke Pemda Boltim.

“Anggaran yang diusulkan untuk Pilkada Boltim, sekitar Rp 20 miliar. Sedangkan, pada Pilkada tahun 2015 lalu, KPU Boltim usulkan 15 miliar,” jelas Jamal kepada awak media.

Anggaran itu juga untuk mengantisipasi banyaknya calon di pilkada mendatang. “Selain itu, rencananya kami akan siapkan anggaran untuk 5 sampai 6 pasangan calon,” katanya.

Untuk anggaran yang disiapkan, saat ini rancangan anggarannya masih sementara dirampungkan.

“Untuk itu, anggaran yang dipakai masih akan kami hitung rinciannya sedetail mungkin,” tutup Jamal. (Jerry Isini)