KPU Perpanjang Layanan Batas Waktu Pindah Memilih

228

Manado, Mangunipost.com – Terhitung hingga tanggal 10 April 2019, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal tetap melayani warga yang hendak melakukan pindah tempat memilih.

Hal tersebut diterangkan Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointu, ketika dihubungi awak media, Kamis (04/04).

Menurut Komisioner Devisi Data KPU Sulut itu, perpanjangan batas waktu itu mengacu pada putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan untuk uji materi atau judicial review pada Undang-Undang Pemilu pasal 210 ayat (1) dan 383 (2). MK memutuskan untuk memberikan batas waktu 7 hari bagi calon pemilih yang ingin pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS),” terang Lanny.

Selanjutnya, dirinya menjelaskan bahwa sebelumnya dalam pasal tersebut batas waktu untuk pindah TPS adalah 30 hari sebelum hari pelaksanaan Pemilu tahun 2019.

“Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi. Bagi masyarakat yang ingin pindah memilih masih dibolehkan hingga 10 April 2019 pukul empat sore waktu setempat,” pungkasnya.

Mengenai prosedur pindah TPS ini hanya berlaku pada masyarakat yang mengalami kondisi tertentu. “Adapun yang akan dilayani untuk pindah memilih yakni di luar kemampuan karena sakit, atau tahanan, atau bertugas pada hari pemungutan suara, atau korban bencana,” tuntasnya. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur