KPU Sulut Gelar Rakor Terpadu Kesiapan Pemilu Serentak 2019

297

Manado, Mangunipost.com – Rapat Koordinasi (Rakor) Terpadu Kesiapan Pemilu Serentak 2019, ikut digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut, Selasa (02/04) di Manado Convention Center.

Diketahui, kegiatan Rakor Terpadu ini sengaja dihelat dalam rangka penyatuan persepsi di seluruh jajaran KPU dan pihak terkait penyelenggaraan pesta demokrasi 17 April mendatang. Dan juga dalam upaya meningkatkan soliditas penyelenggara.

“Soliditas itu terkait pemahaman yang sama mengenai regulasi dan ketentuan-ketentuan teknis nanti di saat pemungutan suara kita harus sama persepsi dan satu pemahaman dan sehingga nanti di jajaran paling bawah tetap juga demikian dan kita mengundang seluruh jajaran KPU termasuk Bawaslu dan Stakeholder yang lainnya misalnya dari pihak keamanan seperti Kepolisian dan TNI,” tutur Ketua KPU Sulut, Ardiles Mewoh.

Selanjutnya, Mewoh menjelaskan kegiatan ini digelar juga untuk mengukur sejauh mana kesiapan teknis di lapangan. “Sehingga sebagai penyelenggara kita (KPU Sulut – red) solid sekaligus kita mengecek kesiapan jajaran kita. Kesiapan logistik, kesiapan penyelenggara pembentukan KPPS, limas dan ketertiban di TPS dan persiapan-persiapan teknis lainnya,” terangnya.

Mengenai pemilihan tambahan, Mewoh mengungkapkan kalau pihaknya juga telah menerima surat edaran KPU RI berkaitan dengan pemilih tambahan. “Untuk pemilih tambahan ini, kita akan layani sesuai ketentuan dan diperpanjang sebelumnya H-30 kemudian ini sampai H-7. Ini merupakan keputusan MK yang harus ditindak lanjuti dan diarahkan oleh KPU RI untuk melaksanakan kegiatan itu termasuk perhitungan suara di TPS yang diberikan waktu perpanjang sampai 12 Jam. Potensi-potensi masalah yang bisa muncul nanti di hari pemungutan suara tapi sudah diakomodasi lewat keputusan MK ini,” paparnya.

“Prinsip keputusan MK itu yang belum memiliki KTP Elektronik bisa membawa surat keterangan dari Disdukcapil tapi surat keterangan yang substansi isinya sudah melakukan perekaman KTP elektronik, itu kita akan eksekusi dan nanti dilanjutkan,” pungkasnya.
Adapun dalam kegiatan Rakor ini, telah hadir Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, Anggota KPU RI, Ryaas Rasyid, Sekprov Sulut, Edwin Silangen, jajaran Forkompinda serta Bawaslu se-Sulut. (*)

Penulis : Eka Egeten

Editor : Jack Wullur