KPUD Minahasa ‘Diserbu’, Polres dan Kodim 1302/Minahasa Beraksi

243

Tondano, MP – Proses ‘penyerbuan’ massa di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa terjadi, Kamis (07/02).

Dimana, barisan massa dalam kegiatan simulasi, digambarkan hendak membuat onar tahapan pesta demokrasi, dan coba mengintervasi KPUD Minahasa.

Polres Minahasa bersama Kodim 1302/Minahasa pun tak tinggal diam. Sebanyak 162 personil gabungan ikut dikerahkan, sebelum barisan massa berhasil mengacaukan situasi pleno rekapitulasi perhitungan suara calon Legislatif.

Meski sempat terjadi aksi lempar-melempar dalam kegiatan simulasi tersebut, tapi tak mengoyahkan ratusan personil gabungan untuk membentengi keamanan kantor KPUD Minahasa.

Di akhir kegiatan simulasi, tergambar kalau barisan massa berhasil dibubarkan, begitu kendaraan water canon milik Polres Minahasa melepaskan tembakan.

“Dalam simulasi ini aparat gabungan melakukan latihan bagaimana penanganan apabila terjadi demo di KPU Minahasa pada saat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 oleh KPU Minahasa,” terang Komandan Kodim 1302/Minahasa, Letkol Inf Slamet Raharjo, yang terlibat langsung dalam kegiatan simulasi.

Selebihnya, Slamet menambahkan kalau kegiatan simulasi ini sengaja dihelat, sebagai bentuk kesiapan Polres dan TNI dalam mengamankan proses Pemilu di Minahasa. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur