KPUD Minahasa Sosialisasi Pemilu 2019 di Tiga Sektor

226

Tondano, Mangunipost.com – Tiga sektor yakni pemilih pemula, kaum perempuan dan disabilitas, telah menjadi topik yang dipilih Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa, untuk menghelat kegiatan sosialisasi di Cafe Foodtastik Tondano, Kamis (21/02).

Dalam diskusi tersebut, KPUD Minahasa telah menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi, Ferry Liando dan Jhon Tarore.

Menurut sudut pandang Tarore, akademisi asal Universitas Negeri Manado (UNIMA) itu, capaian Pemilu di Minahasa belum menyentuh angka 100 persen. Dan dirinya berharap dengan gencarnya kegiatan sosialisasi dari KPUD Minahasa, dapat membuat daya memilih masyarakat semakin meningkat.

“Memang ada tren di beberapa daerah kecenderungan menurun. Rata-rata 70 persen. Tapi ada daerah yang capai. Untuk itu, KPU harus kerja keras dan juga perlu ada bantuan pers untuk melakukan sosialisasi. Kemudian sosialisasi tahapan dan peraturan pemilu dan KPU juga harus lakukan pemetaan di daerah yang pemilihnya masih rendah,” tuturnya.

Sementara, Liando mengatakan, Pemilu bukan saja sekedar datang ke TPS, tapi memilih untuk yang terbaik. Sehingga, dirinya berpikir kualitas pemilih terbentuk bukan hanya tergantung sepenuhnya pada KPU. “Kualitas pemilih itu bukan tergantung dari KPU, tapi sistem dan sub sistemnya. Jika penyelenggaranya baik, tentu masyarakat akan datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya. Kalau penyelenggaranya tidak bagus, tentu masyarakat malas datang ke TPS,” tanggap Liando.

Selain itu, Liando juga mengingatkan KPU untuk tidak cepat berbangga diri dengan capaian partisipasi pemilih yang signifikan. Dan harus tetap fokus pada pencegahan serta penindakan dugaan pelanggaran. “Rawan pelanggaran itu biasanya terdapat pada daerah yang tingkat partisipasinya tinggi,” pungkas Liando.

Terkait jabaran para narasumber, Ketua KPUD Minahasa, Lord Malonda mengaku tetap optimis kalau masyarakat di Minahasa akan berperan aktif dalam Pemilu 2019 nanti. “Kami berupaya agar partisipasi meningkat. Kalau pada Pilkada yang lalu partisipasi pemilih di Minahasa capai 85 persen. Apalagi sekarang, sudah ada relawan demokrasi. Tugas mereka akan membantu KPU untuk lakukan sosialisasi di segala segment,” kuncinya. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur