Kuota Maba Unsrat 5.100, Pendaftar Telah Melampaui 22.300

289

Manado,  MP

Penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun ajaran 2019-2020, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mendapatkan jatah 5.100. Kuota ini ditetapkan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Hal ini disampaikan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Roni Gosal SIP., M.Si.

“Kita punya jatah (kuota) yang diberikan Kementerian Risetdikti secara keseluruhan untuk tahun ajaran 2019-2020 yaitu 5.100 dari 11 fakultas yang ada. Tetapi yang  mendaftar sudah 22.300 sekian,” ungkap mantan Ketua Jurusan Pemerintahan Fisip Unsrat, di ruang kerja Rektorat Unsrat Manado.

Dijelaskan, kuota penerimaan mahasiswa baru setiap tahun pastinya ada perubahan. Ada fakultas yang bertambah, ada juga yang berkurang.

“Jumlah kuota penerimaan mahasiswa baru setiap tahun pasti ada yang berubah,” ujarnya.

Sistem penerimaannya melalui online, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Untuk sistem penerimaan, semuannya melalui jalur online, baik itu jalur Mandiri harus sesuai dengan pendaftaran pada SNPTN dan SBMPTN. Tapi bukan berarti berkas manualnya disampingkan,” katanya.

Ia pun mengharapkan, kiranya ada kerja sama antara mahasiswa dengan pihak lembaga Unsrat dalam mensosialisasikan informasi ini bagi calon-calon mahasiswa baru.

“Saya sungguh berharap, sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, ini dapat disosialisasi oleh adik-adik mahasiswa kepada calon-calon mahasiswa,” tutup WR3. (Roki Taliawo)