LDN Resmi Bergulir di Minahasa

180

Tondano, MP

Kick off Liga Desa Nusantara (LDN)
Kabupaten Minahasa 2019 resmi dibuka, Selasa (16/7). Pertandingan pertama bertemu antara Desa Tateli 3 dan Sawangan berlangsung di Lapangan Kuntung Desa Kolongan, Kecamatan Sonder.

Hadir dalam pembukaan tersebut mewakili Bupati Minahasa, Kadispora Dr. Vicky Tanor, Kadis PMD Djefry Sajow SH, Camat Sonder Drs Roldy Mewoh dan para kepala desa.

Kadispora Vicky Tanor mengatakan, liga desa tersebut merupakan program unggulan Kementerian Desa, untuk menjawab tantangan Presiden Joko Widodo, membangun desa melalui olahraga. “Ini seiring dengan visi misi pemerintah pusat, pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa,” ujar Tanor.

Senada dikatakan Dirjen Pembangunan Masyarakat Desa Tertinggal dan Transmigrasi Kementrian Desa, Ivan Rangkuti, kegiatan ini adalah program unggulan untuk menggali potensi masyarakat desa, khususnya usia 17 tahun dan tingkatkan perekonomian desa.

“Kementerian Desa kerja sama dengan Kemenpora terkait pemanfaatan dana desa. LDN ini sudah 3 tahun dan diikuti 1.500 desa. Diharapkan semua desa bisa ikut dengan mempergunakan dana desa. Nanti akan bertanding di level provinsi dan naik ke nasional,” terangnya.

Dirinya berharap, dari Minahasa ada tim yang masuk ke tingkat nasional. “Di seri nasional, peserta akan diundang. Kami mohon ada komit dari pemkab untuk suksesnya LDN ini,” pungkasnya. (Kelly Korengkeng)