Mall Pelayanan Publik Tomohon Disidak Dirjen Imigrasi Kemenkumham

219
Saat sidak berlangsung. (ist)

Tomohon, MP
Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumkam) Republik Indonesia, Dr Ronny F Sompie SH MH melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak). Kali ini, Mall Pelayanan Publik Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon jadi sasaran, Kamis (18/10).

Kata Dirjen, kedatangannya itu demi memastikan tugas para pejabat imigrasi, apakah sudah maksimal. Sompie pula meninjau kesiapan pelaksanaan pelayanan paspor, mulai proses pembuatan yang baru atau perpanjangan. Diketahui, sejak Kantor Imigrasi Manado beroperasi di Wale Kabasaran, sekitar 500-an paspor baru telah diterbitkan.

“Bagi petugas imigrasi yang ada di Mall Pelayanan Publik Kota Tomohon, hendaknya melaksanakan tugas dengan maksimal. Harus mengutamakan gestur bersemangat, senyum dan bersahabat,” ujar Sompie.

Menurut dia, kerja sama antara pejabat imigrasi dengan Pemkot Tomohon, sangat baik. Pun keberadaan kantor imigrasi di Kota bunga bisa mendongkrak program pariwisata, baik di Tomohon maupun Sulawesi Utara. Di kesempatan itu, Sompie juga memantau sejumlah kegiatan pelayanan publik. Antara lain Pelayanan Polres Tomohon, Samsat, Bank SulutGo, Pajak Daerah, PT Pos, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan lain sebagainya. Dia juga melihat kegiatan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tomohon.

Sompie berharap, peningkatan pelayanan publik di Kota Tomohon semakin meningkat. Sehingga pertumbuhan ekonomi, khususnya bidang kepariwisataan semakin maju. Diketahui, kunjungan Dirjen Imigrasi ini diterima oleh Asisten Perekonomian Max Mentu SIP MAP, Asisten Umum Ir Corry Caroles, Kepala Kantor Imigrasi Manado, Friece Sumolang SH MH dan jajaran Pemkot Tomohon (timmp/01)