Malonda Tegaskan Jangan Coba Gergaji Anggaran TPS

219

Tondano, Mangunipost.com – Proses penyaluran anggaran masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Minahasa, kini telah mulai disalurkan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa.

Dalam proses tersebut, Sekretaris KPU Minahasa, Meidy R Malonda ikut mengingatkan agar dana yang disalurkan KPU Minahasa melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) wajib hukumnya untuk digunakan sesuai ketentuan.

“Jangan coba-coba memotong anggarannya, karena jika ada yang ketahuan resikonya akan ditanggung sendiri,” tegas Malonda.

“Telah mulai disalurkan, ada yang sudah. Namun ada yang masih sementara, mengingat jumlah Kecamatan di Minahasa terbilang cukup banyak,” pungkasnya.

Selebihnya, Malonda menyebutkan bahwa setiap TPS di Kabupaten Minahasa dianggarkan untuk mendapatkan dana sebesar Rp7.435.000.

Dimana, jumlah anggaran tersebut sudah termasuk dengan biaya honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Adapun perincian dana yang diterangkan Malonda secara transparan, terdiri atas kebutuhan ATK dan Konsumsi sebesar Rp1.485.000 untuk 3 kali kegiatan dalam 9 paket.

Biaya pembuatan TPS Rp1,3 Juta serta papan pengumuman Rp300 ribu. Sisanya untuk biaya honor bagi Ketua KPPS sebesar Rp 550 ribu, sedangkan untuk 6 orang anggota masing-masing mendapatkan Rp500 ribu.

Selain itu ada juga biaya honor sebesar Rp400 ribu bagi setiap petugas pengamanan sebanyak dua orang. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur