Masuk Masa Tenang, Bawaslu Minahasa Gelar Patroli Pengawasan

223

Tondano, Mangunipost.com – Giat patroli ikut dicanangkan pihak Bawaslu Minahasa di masa tenang Pemilu 2019.

Adapun pelaksanaan tersebut telah diawali dengan apel bersama, Minggu (14/04), yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy Umboh.

Saat dihubungi awak media, Umboh menerangkan bahwa dalam giat patroli, pihak juga ikut melibatkan para personil pengawasan yang terdapat di 25 Kecamatan.

“Patroli Pengawasan sebagai upaya pencegahan Bawaslu Minahasa terkait praktek Politik Uang yang santer terdengar mendekati hari Pemungutan Suara. Bawaslu juga, saat masa tenang ini, melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang belum diturunkan,” terang Umboh.

Selanjutnya, ditambahkan dalam proses penertiban APK, Bawaslu Minahasa turut dibantu Panwaslu Kecamatan, Panwaslu Desa dan Kelurahan, Pengawas TPS, Satpol PP Minahasa, dan personil dari Polres Minahasa.

“Penertiban APK sampai subuh tadi, jam 06.00, jajaran Pengawas kami, Panwaslu Kecamatan sampai Desa Kelurahan dan TPS all out melakukan Patroli Pengawasan sekaligus penertiban APK. Terima kasih untuk mereka semua dan berbagai pihak yang membantu, juga partai politik peserta Pemilu dan masyarakat yang turut proaktif membantu menertibkan APK-APK sebelum masa tenang,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Umboh mengungkapkan kalau proses penertiban APK ini masih terus berproses hingga tak ada lagi APK yang terpasang jelang pemilihan tanggal 17 April 2019 nanti.

“Kami akan terus melakukan penertiban APK yang masih terpasang, sambil melakukan Patroli Pengawasan Politik Uang. Untuk itu, kami meminta masyarakat bantu Bawaslu, dalam pengawasan partisipatif untuk mencegah dan melaporkan apabila ada dugaan praktek Politik Uang dalam Pemilu 2019 ini,” tandasnya. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur