MBH “Memprihatinkan”, Warga Desak Diperhatikan

331
Lucia Taroreh saat melakukan reses (mangunipost.com/Iswan Sual)

Minahasa, MP

Kini kondisi Manado Beach Hotel (MBH) seperti tak berpemilik. Karena prihatin, ini disoal masyarakat Desa Mokupa Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa.

Masyarakat menyayangkan nasib gedung MBH tersebut sudah terabaikan. Mereka berharap, ada perhatian dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) untuk memanfaatkan kembali gedung hotel tersebut.

“Warga memohon perhatian terkait MBH. Jangan dibiarkan menjadi aset yang tidak bertuan. Kalau misalnya itu milik Pemprov, baiknya supaya dikelola,” ujar Lucia Taroreh, saat diwawancarai di sela-sela dia reses di desa tersebut, Kamis (30/8).

Bagi dia, jika gedung MBH ini dikelola dengan baik maka akan juga meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Hal itu karena Desa Mokupa memiliki potensi pariwisata yang sangat baik.

“Supaya perekonomian itu meningkat MBH harus dimanfaatkan menjadi hotel,” pungkasnya.

Selain itu, warga pula meminta ada pelatihan-pelatihan untuk menunjang pariwisata. Seperti dilatih membuat kerajinan-kerajinan untuk rakyat.

“Perlu ada pelatihan tekait kerajinan rakyat. Kemudian perlu ada bantuan kelompok nelayan dan petani di sini. Paling banyak petani buah. Bisa berikan bibit buah terkait dengan pertanian,” tuturnya.

Sungai yang ada di desa tersebut juga belum beberapa tempat belum memakai talut untuk dinding sungai.

“Kan ada dua, kiri dan kanan. Kalau tidak dibuat talut, ditakutkan air itu melimpah kena rumah orang. Warga juga minta perbaikan tambatan perahu karena sudah ada tapi rusak,” tutupnya. (Iswan Sual)