Meriahkan HUT RI ke-74, Olahraga Tradisional Diangkat Pemkab Boltim

240

Tutuyan, MP

Pemandangan berbeda tersaji di Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Memeriahkan HUT RI ke-74, Pemerintah Kabupaten
menggelar lomba olahraga tradisional, dengan nuansa rekreasi. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Drs Rusdi Gumalangit, di lapangan Ibantong Desa Togid, Senin (5/8).

Masyarakat terlihat antusias menikmati hal menarik dalam kegiatan ini. Selain bola voli, dan bulu tangkis, berbagai olahraga tradisional dipertandingkan, di antaranya tarik tambang dan hadang.

Masing-masing kecamatan se-Boltim berpartisipasi dengan mengutus 3 tim pada kegiatan yang akan berlangsung hingga 12 Agustus 2019 ini.

Wabup dalam sambutannya menyampaikan, olahraga tradisional saat ini perlu dihadirkan kembali, dan dilestarikan, karena sarat akan muatan positif.

“Saat ini olahraga tradisional mulai punah karena sadar atau tidak, generasi terdahulu sudah enggan mengajak serta anak-anak bermain permainan tradisional. Makanya kita perlu perkenalkan lagi ke anak cucu kita, tentang game tradisional,” ujar Gumalangit.

Ia mengungkapkan, banyak makna yang dapat diperoleh dari bentuk-bentuk permainan tradisional, di antaranya mengasah kerja sama tim dan daya konsentrasi. “Yang lebih penting, banyak dari permainan tradisional yang memberi ruang anak-anak dalam mempererat rasa sosialnya seperti pertemanan dan bergotong royong,” terangnya.

Rusdi berharap, ke depan olahraga ini akan terus digalakkan dan dapat disejajarkan dengan olahraga prestasi lainnya. “Saya berharap, semua pihak dapat terus melestarikan permainan tradisional ini serta memperkenalkannya kepada anak cucu sehingga mereka tahu bahwa Indonesia memiliki beranekaragam permainan tradisional yang menarik,” pinta Wabub Rusdi. (Jerry Isini)