OD : Itu Bukan Gelar

372

Dibalik Pencetusan Sam Ratulangi Abad 21

Manado, Mangunipost.com – Pencetusan Sam Ratulangi Abad 21 yang dilekatkan pihak Koperasi Unit Desa (KUD) “Wenang” kepada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey (OD), ternyata tak lepas dari ide brilian Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi.

Dimana, Ratulangi melalui tulisannya tentang Asia Pasifik, telah menganalisa jauh ke depan bahwa Indonesia, khususnya Sulut bakal menjadi jalur khusus politik dan perekonomian Asia Pasifik.

Prediksi tuama Minahasa yang berhasil meraih gelar Doktor di Universitas Zurich, Swiss itu berlahan mulai menjadi kenyataan, saat mantan Gubernur Sulut, SH Sarundajang menyelami ide Ratulangi melalui Disertasinya, dan Sarundajang mengemukakan pemikiran kalau pelabuhan Bitung beserta Bandara Sam Ratulangi dapat dijadikan sebagai International Hub-Port (IHP).

Prospek ide brilian Ratulangi pun semakin menguat di masa kepemimpinan Gubernur Sulut OD. Dengan mulai dibukanya jalur penerbangan Singapura, China, Jepang dan Korea menuju Sulut.

Ruang ini lantas dimanfaatkan berbagai investor dari Asia Pasifik untuk menanam modal di Sulut. Alhasil, sektor perekonomian kian meningkat sejak tahun 2017. Bahkan, data tahun 2017 menunjukan angka yang cukup signifikan, yang menerangkan jumlah investasi di Sulut telah mencapai angka Rp6 triliun.

Tak hanya itu, dampak dari pesatnya pertumbuhan ekonomi ini, membuat angka kemiskinan di Sulut berhasil terus ditekan hingga 2018.

Menariknya lagi, sektor wisata juga melonjak. Jumlah wisatawan asal Asia Pasific, kini semakin banyak yang bertandang ke Nyiur Melambai. Tak heran jika di Kota Manado sekarang banyak menjamur turis dari China.

Berangkat dari fenomena itu, Ketua KUD “Wenang”, Eddy Sepang pun tak ragu ketika mencetuskan OD sebagai Sam Ratulangi Abad 21 dalam pembukaan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-41 KUD “Wenang”, beberapa waktu lalu.

“Karena itu kita mencetuskan Bapak Gubernur, Bapak Olly Dondokambey sebagai Sam Ratulangi abad 21,” ujar Sepang, dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, terkait pencetusan dirinya sebagai Sam Ratulangi Abad 21, Gubernur OD ketika dimintai tanggapan oleh wartawan Mangunipost.com, Senin (11/03), di sela kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa (LB) Bank Sulut-Go, masih merasa diri belum layak untuk disejajarkan dengan figur Ratulangi yang masuk dalam daftar The Founding Fathers Indonesia.

“Tidak ada gelar, masa KUD kase gelar. Itu pernyataan dari Ketua KUD Wenang,” tegas OD.

Selanjutnya, OD mengemukakan bahwa pernyaatan itu terlontar karena ide brilian Sam Ratulangi berapa puluh tahun lalu, kini sudah terwujud. “Maksudnya karena apa yang ditulis dalam buku, Sulawesi Utara Pintu Gerbang Asia Pasifik sudah terealisasi sekarang,” tandasnya. (*)

Sumber : Blogspot Lani Ratulangi

Penulis : Eka Egeten

Editor : Jack Wullur