Olly: Selama Saya Gubernur Tidak Ada Industri Sawit

262

Manado, MP

Polemik sawit di Tanah Nyiur Melambai memantik reaksi pemerintahan daerah Sulawesi Utara (Sulut). Gubernur Olly Dondokambey angkat suara terkait hal ini. Menurutnya, industri sawit belum ada yang beroperasi di Sulut.

“Belum ada industri sawit di Sulut. Tidak ada pabrik sawit. Ingat,” ucapnya kepada awak media di gedung DPRD Sulut sesudah Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden RI, Jumat (16/06).

“Untuk menanam sawit itu hanya percontohan. Saya juga menanam di rumah untuk keindahan. Mungkin saja penanaman sawit hanya keindahan, karna sawit tidak ada industrinya, tidak berguna. Harus ada pabrik baru berguna,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk sawit harus dipahami permasalahannya, jangan membuat isu yang tidak jelas. “Sawit itu sudah lama minta izin gubernur yang lama dan memberikan izin untuk kebun percontohan. Jadi, untuk kebun percontohan ada itu harus minta izin ke kita (gubernur, red). Untuk membuat industri sawit, selama saya gubernur tidak ada industri sawit,” tandasnya.

“Untuk demo kemarin, sapa yang suruh dorang berdemo, memang gratis datang ba demo di sini ? Sapa yang kase doi pa dorang?” ujarnya. (Eka Egeten)