Optimalkan SDM Milenial, Inovasi JG Siap Menghentak Minut

112

MINUT, ManguniPost.com – Pemikiran visioner Joune Ganda (JG) untuk kemajuan Minahasa Utara (Minut), ikut menjadi diskusi hangat bersama Tokoh Masyarakat Minut, Piet Luntungan, belum lama ini.

Dalam momentum tersebut, calon Bupati Minut periode berikut itu telah menegaskan bahwa revolusi dengan menjadikan generasi muda atau kaum milenial sebagai ujung tombak, adalah salah satu konsep kepemimpinannya bersama Kevin W Lotulung (KWL) ke depan.

Dan dalam rangka mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) muda itu, JG telah merancang program unggulan di sektor pendidikan.

Dimana, JG dan KWL berpandangan peningkatan pendidikan di Minut, adalah langkah awal menuju perubahan besar.

Tak pelak, selain meningkatkan mutu pendidikan, JG juga bakal memperkuat daya menimba ilmu generasi muda dengan beasiswa.

Hebatnya lagi, di aras pengembangan sektor wisata Minut, alumni SMPN 1 Airmadidi itu telah memiliki design khusus terkait peran SDM muda.

“Kita akan melatih anak-anak muda untuk berwirausaha dengan memanfaatkan fasilitas teknologi,” terang JG.

Selain itu, di hadapan Luntungan, JG juga mengungkapkan konsep untuk menjadikan Airmadidi sebagai Ibu Kota. Sehingga, dirinya memastikan kalau penataan infrastruktur di wilayah Airmadidi bakal menjadi prioritas di awal kepemimpinannya nanti.

“Salah satu program ke depan, menjadikan Airmadidi sebagai Ibu Kota yang diapit Kota Manado dan Kota Bitung. Wilayah Airmadidi wajib untuk dikembangkan, baik dari sarana dan prasarananya,” tegas lelaki yang mengagumi sosok Megawati Soekarnoputri dan Olly Dondokambey di internal PDI-Perjuangan.

Rancangan program yang dipaparkan JG tersebut, disambut baik Luntungan. Dan dalam kesempatan itu, Luntungan ikut memberi usulan terkait RT/RW dan sektor wisata.

“Minut harus dibuatkan jadi satelit baru, topografi Minut landau RT/RW Rencana Tata Umum Ruang Wilayah,” usul Luntungan.

“Potensi wisata ada di Likupang dan itu harus dikembangkan, termasuk agrobisnis di Wilayah Minut,” pungkasnya.

Seperti diketahui, JG adalah figur calon pemimpin yang mendapat rekomendasi PDI-Perjuangan. Partai politik (parpol) yang menjadikan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI dua periode itu, yakin kalau JG dan KWL sanggup membawa daerah Minut menjadi terdepan di Nyiur Melambai.

Tak heran jika saat mendaftar ke KPU Minut, belum lama ini, JG dan KWL turut mendapat dukungan parpol lainnya, seperti Partai Demokrat, Perindo, PKPI, PSI, PPP, PBB dan Partai Gerindra.

Bahkan, sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) termasuk Projo Sulut bersama ribuan pendukung dan simpatisan ikut menghantar paslon JG-KWL saat pendaftaran. (*)