Pahami Penyusunan APBD, Pemkot Tomohon Sosialisasikan Permendagri 38

235
Saat sosialisasi dimulai. (ist)

Tomohon, MP
Upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan soal penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terus digiatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon. Salah satunya diwujudkan dalam sosialisasi Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Nomor 38 Tahun 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Selasa (4/9).

Selaku pemerintah daerah (Pemda), Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Ia berharap, seluruh peserta sosialisasi dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Hasilnya bisa dijadikan pedoman dalam penyusunan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019.

“Berdasarkan arahan Mendagri pada rapat kerja keuangan daerah Tahun 2018, yaitu Perda tentang APBD 2019 sepatutnya mendukung tercapainya prioritas pembangunan nasional. Tentu sesuai potensi dan kondisi daerah masing-masing,” ujar Eman.

Dipaparkannya, ada 5 prioritas pembangunan nasional 2019. Pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar. Kedua, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman. Ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif. Keempat, pemantapan ketahanan energi, pangan dan sumber daya air melalui pelestarian lingkungan. Kelima, stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan Pemilu.

Menurut Eman, terdapat 3 kewajiban yang harus dilaksanakan Pemda. Pertama, mengelola dana secara efektif, efesien, transparan dan akuntabel. Kedua, menyinkronkan pencapaian sasaran program daerah dalam APBD dengan program pemerintah pusat. Ketiga, melaporkan realisasi pendanaan urusan pemerintahan yang ditugaskan sebagai pelaksanaan dari tugas pembantuan.

Sebelumnya, Kepala Badan Keuangan Daerah, Drs Gerardus Mogi melaporkan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam penyusunan APBD TA 2019. Juga demi menyamakan persepsi dan pemahaman bagi DPRD, TAPD, dan Perangkat Daerah Pemkot Tomohon. Utamanya untuk mengimplementasikan Permendagri No 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penysusan APBD TA 2019. Selain itu, juga untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan dalam proses penyusunan dan penetapan APBD TA 2019.

Tampil sebagai narasumber lainnya, yakni Mujizat SSos MSi selaku Direktorat Perencaan Anggaran Daerah di Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementrian Dalam Negeri, Sekretaris Daerah Ir Harold Lolowang MSc MTh. Dihadiri Asisten Umum Ir Corry Caroles, serta para peserta sosialisasi dari Pemkot Tomohon. (timmp/01)