Pantai Timur Minahasa Butuh Alat Pendeteksi Tsunami

186

Lembean Timur, MP

Warga pesisir pantai timur Kabupaten Minahasa berharap ada alat pendeteksi potensi tsunami di wilayah mereka. Dengan adanya alat pendeteksi tsunami bisa memberikan peringatan awal bagi warga pesisir soal adanya peringatan potensi tsunami.

Mereka menuturkan, gempa yang terjadi malam tadi dan berpotensi terjadinya tsunami mengakibatkan sejumlah warga di pesisir pantai timur panik dan lari ke pegunungan.

“Tidak ada peringatan dini di wilayah kami. Informasi adanya potensi tsunami hanya kami  ketahui melalui media sosial dan media elektronik,” ujar Halim Hasim, warga pesisir timur Minahasa.

Warga berharap pemerintah bisa memasang alat pemantau dan peringatan dini apabila adanya potensi tsunami di pesiri pantai timur Kabupaten Minahasa.

Sementara itu, Camat Lembean Timur, Carlo Wagey, saat ditemui  membenarkan bahwa untuk pesisir pantai timur Kabupaten Minahasa tidak ada alat pendeteksi dan peringatan awal akan bencana tsunami.

“Nanti pemerintah kecamatan akan langsung melaporkan ke instansi terkait akan pentingnya pemasangan alat pendeteksi serta alat peringatan awal bahaya tsunami di wilayah pesisir pantai timur Kabupaten Minahasa. Ini guna menghindari korban jiwa apabila terjadi bencana tsunami di pesisir pantai timur Kabupaten Minahasa,” tandas Wagey. (Kelly Korengkeng)