Pantau Lokasi Kebakaran, Kapolres Trenggalek Daki Hutan Pinus Suruh

126

Trenggalek, MP
Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak meninjau langsung lokasi kebakaran hutan di kawasan hutan produksi Petak 86c RPH Karangan BKPH Karangan KPH Kediri, Dusun Daren Desa Suruh Kecamatan Suruh Trenggalek, Rabu (25/9/2019).

Untuk mencapai lokasi kebakaran tersebut, Calvijn dan jajaran menempuh perjalanan darat dan berjalan kaki sekira 10 menit sejauh 300 meter dari jalan utama dengan menanjaki hutan Pinus. Di lokasi, Calvijn menjelaskan, hutan yang terbakar ini luasnya mencapai 1 Ha.

“Kejadian kebakaran diketahui tanggal 24 September 2019 kemarin sekira pukul 10.30 Wib. Luas area yang terbakar diperkirakan mencapai 1 hektar,” katanya di lokasi.

Ia menjelaskan, kondisi hutan pinus tersebut memang dipenuhi oleh rumput ilalang kering yang sangat mudah terbakar. Penyebab pasti kebakaran tersebut diakuinya masih dalam penyelidikan petugas.

Namun dari data yang diterima, jenis pohon yang terbakar adalah jenis pinus yang merupakan tanaman tahun 1995 serta 6 kaleng masing-masing berisi 25 liter getah pinus dengan total kerugian mencapai Rp2 juta.

“Yang terbakar itu pohon pinus. Data sementara kerugian capai sekira dua sampai lima juta rupiah. Petugas sudah melakukan tindakan pertama dengan memadamkan api dan olah TKP,” paparnya.

Atas kejadian tersebut, ia mengimbau kepada masyarakat khususnya yang bertempat tinggal berdekatan dengan kawasan hutan untuk lebih hati-hati dan waspada. Pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan perbuatan ataupun tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Jika mengetahui ada kebakaran hutan atau lahan, segera laporkan kepada Kepolisian atau aparat setempat agar bisa cepat dilakukan penanganan,” pungkasnya. (phee)