BMI bakal gelar HUT ke-17 di Terminal Malalayang, Kota Manado.
BMI bakal gelar HUT ke-17 di Terminal Malalayang, Kota Manado.

Manado, Mangunipost.com – Instrument parade budaya dipastikan bakal menjadi lambang nasionalis penyambutan HUT Brigade Manguni Indonesia (BMI) ke-17 tahun, di Terminal Malalayang, Kota Manado.

Ketika dihubungi awak media, Kamis (07/03), Tonaas DPD Manado, Rocky Ronoko melalui Sekretarisnya, Yonvree Wonua telah membenarkan kalau parade budaya masuk random acara kegiatan nanti.

Dikemukakan Wonua, parade budaya mewarnai acara HUT BMI sebagai tanda bahwa organisasi BMI memiliki sifat nasionalis.

“Jadi acara pertama ada ibadah syukur, kemudian diikuti dengan gelar pasukan. Dan dalam pemotongan kue HUT akan digiring dengan tarian Kabasaran bersama Pansus BMI,” terang Wonua.

Mengenai parade budaya, Wonua menuturkan bakal dibuka dengan Irama Kasida kemudian ditutup tarian Masamper. Sementara itu, di sela parade budaya, bakal ada juga tarian Maengket, Barongsai, serta keragaman budaya lainnya.

Menurut Sekretaris pelaksana kegiatan, parade budaya ini merupakan tanda bahwa BMI berbeda dengan organisasi radikal, yang tetap menjaga semangat nasionalis.

“Intinya adalah di 17 tahun ini, organisasi BMI sudah menunjukan kedewasaannya, yang sifatnya nasional,” pungkas Wonua.

Selebihnya, ditambahkan kalau kegiatan menyambut HUT BMI ini bakal dihadiri segenap DPD, Walak dan Wanua se-Sulut bersama pengurus BMI dari luar Sulut.

“Baru dari Jawa Timur yang sudah mengkonfirmasikan akan hadir di acara nanti, dan kemungkinan disusul dari Papua. Untuk dari Jakarta belum ada konfirmasi untuk kehadiran,” tuntasnya. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur