Pasca Putusan Inkrah, ECR Dieksekusi Kejari Manado

185

MANADO, ManguniPost.com – Setelah putusan tingkat Kasasi memiliki kekuatan hukum tetap, Kejaksaan Negeri (Kejari) Manado akhirnya ikut mengeksekusi perempuan ECR alias Runtuwene ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Tomohon.

Saat dikonfirmasi awak media, Jumat (28/02), Kepala Kejari Manado, Maryono pun telah membenarkan adanya proses eksekusi tersebut.

“Benar, proses eksekusi terhadap mantan bendahara PD Pasar Manado telah dilakukan Kejari Manado dengan mengacu pada putusan Mahkamah Agung RI nomor 2717 K/Pid.Sus/2018,” terang Maryono.

“Yang bersangkutan telah diantar langsung Kasie Pidsus Kejari Manado ke Lapas Perempuan di Tomohon,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, ECR telah terjerat hukum dalam perkara Tindak Pidana Korupsi pengelolaan dana di PD Pasar Kota Manado 2012-2013, secara bersama-sama dan berlanjut. Dimana, posisi Direktur Utama saat itu telah dijabat JK alias Kowaas.

Di tingkat PN Manado sendiri, ECR telah mendapatkan vonis 1 tahun penjara dengan denda Rp50 juta. Namun, karena tidak puas sehingga ECR ikut menempuh jalur banding, dan di tingkat PT Manado sanksi pidana ECR naik menjadi 1,6 tahun penjara.

Menariknya, putusan tingkat banding juga tak diterima, sehingga perkara ini berlanjut ke tingkat Kasasi dan sanksi pidana ECR kembali naik menjadi 4 tahun penjara dengan denda Rp200 juta. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur