PAW Bentelu Terhimpit Dua Aturan

296
Andrei Angouw

Manado, MP

Proses Penggantian Antar Waktu (PAW)  terhadap Ivone Debby Bentelu sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sulawesi Utara (Sulut) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah ditindaklanjuti.

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw mengatakan, kepindahan Bentelu ke Partai Demokrat telah disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Gubernur Sulut.

“Kepindahan Ivon Bentelu sudah disampaikan ke KPU dan Gubernur. Tapi, skarang torang nintau so sampe dimana ini  ” kata Angouw di kantok DPRD Sulut, Senin (13/8) 2018.

Lebih lanjut, Angouw mengatakan, perlu ada konsultasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Itu dikarenakan, antara Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018 dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 160/6324/OTDA terbit 3 Agustus 2018 bertentangan.

“Sekwan (Sekretaris Dewan, red) akan konsultasi ke BPK. Memang di Permendagri kan cukup jelas, DCT. Di PP Nomor 12 cukup jelas juga, langsung berlaku. Bapak kita Mendagri. Tapi kalu nanti BPK datang dia pasti mengakui PP yang lebe tinggi deri Kemendagri, ” ungkap Angouw.

Ketika ditanya soal keberadaan hak-hak Bentelu sebagai Anggota DPRD Sulut yang telah hengkang ke Partai Demokrat, Angouw menyampaikan, Sekwan akan meminta serasa dari BPK agar jangan  bermasalah di kemudian hari.

“Itu urusan Sekwan. Sekwan punya resiko. Maunya konsultasi ke Mendagri supaya jangan nanti sampai terjadi masalah, ” tutup. (Iswan Sual)