Pelaku Lion dan Barongsai Bersua, Kepengurusan PLBSI Kota Manado Dimatangkan

316

Manado, MP

Sejumlah perkumpulan olahraga seni bela diri dan Komunitas Lion Barongsai Kota Manado, bersua di Warong Kobong. Pertemuan ini dalam rangka persiapan pembentukan Pengurus Kota (Pengkot) Perkumpulan Lion Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kota Manado.

“Sabtu akhir pekan lalu torang baku dapa. Pertemuan itu digagas oleh Evan dan Donny Dompas selaku pemegang mandat atau rekomendasi dari Pengda (Pengurus Daerah) Sulawesi Utara untuk segera membentuk Pengkot Perkumpulan Lion Barongsai Seluruh Indonesia Kota Manado,” ungkap DR Ivan Kaunang, M.Hum, salah seorang bakal pengurus yang hadir dalam pertemuan itu.

Berbagai hal penting untuk pembentukan pengurus telah dibicarakan. Pertemuan ini nantinya akan dilanjutkan untuk menkonkritkan struktur pengurus Pengda PLBSI Kota Manado.

“Pertemuan perdana ini akan dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya untuk mematangkan struktur yang sedang disusun. Sesuai AD/ART dan aturan oragnisasi, kurang lebih 8 orang yang akan didudukkan sebagai penasehat,” jelas Kaunang.

Diungkapkan, dalam rapat perdana tersebut sedang dicari atau disusun figur-figur yang cocok dan bersedia sekaligus menaruh minat terhadap olahraga Lion dan Barongsai. Beberapa pejabat Polri dan Kodam Merdeka menjadi target untuk duduk sebagai penasehat, di samping beberapa pejabat pemerintahan provinsi maupun pemerintah Kota Manado.

“Untuk nama-nama tersebut belum bisa kami beritahukan karena masih sedang dilakukan pendekatan untuk kesediaan. Untuk bidang-bidang tertentu sudah dikantongi namanya. Misalnya, untuk Pendidikan dan Pelatihan saudara Jefrry Maridjan. Untuk calon penasihat atau ketua, beberapa nama menjadi target salah satunya Dr. Harley Mangindaan, MSM,” bebernya.

Rencananya kepengurusan ini akan dilantik pada awal November 2019 oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Jakarta, sekaligus dengan eksebisi atau lomba Lion Barongsai.

Diketahui, PLBSI kini dinakhodai Prof.DR. Nurdin Purnomo sebagai Ketua Umum dan Ribka Widjaja sebagai Sekjen. Sementara, untuk Sulawesi Utara, Ketua Pengprov dipercayakan kepada Syane Loho SH.

Untuk Pengkot Manado, Ketua sementara yang merupakan pemegang mandat dari PLBSI pusat adalah Elvan Soei dan Bendahara Markos Kalalo

Kaunang menjelaskan, terbanyak yang ikut dalam rapat perdana ini adalah para pemain atau pelaku Lion dan Barongsai.

“Hadir mewakili dalam rapat malam itu, dari Perguruan Burung Hong Lililoyor Herry Jocom, Perguruan Sky Lion Manado Donny Dompas, pemerhati budaya Minahasa, panglima Waraney Walak Malalayang Ronny Rondonuwu, dan beberapa pendekar Garuda Putih,” terang Kaunang. (Eka Egeten)