Pemkab Minahasa Angkat Eceng Gondok di DAS Tondano

233

Tondano, MP

Sambut HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar sejumlah kegiatan. Menandai dimulainya pelaksanaan rangkaian kegiatan ini, Pemkab Minahasa gelar jalan sehat dan pengangkatan eceng gondok di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Tondano.

Kegiatan bersih-bersih eceng gondok ini diikuti oleh sejumlah petugas pemadam kebakaran, Satpol PP, serta perangkat kelurahan dan masyarakat yang ada di Kota Tondano.

“Mewarnai peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, pemerintah Kabupaten Minahasa akan menyemarakan dengan berbagai kegiatan. Ini akan diawali dengan jalan sehat bersama dan pengangkatan eceng gondok,” ujar Bupati Minahasa, Royke Roring , saat ditemui sejumlah jurnalis.

Bupati Roring menegaskan, kegiatan pengangkatan eceng gondok di sungai Tondano merupakan prioritas dari pemerintah Kabupaten Minahasa.

Kondisi angin kencang yang bertiup dari Danau Tondano menuju sungai Tondano, mengakibatkan menumpuknya eceng gondok di DAS Tondano. Dampaknya, sejumlah nelayan tidak bisa beraktivitas. Bupati berharap, dengan adanya kerja bakti pengangkatan eceng gondok bersama ini bisa membuka jalur bagi nelayan agar dapat beraktivitas kembali.

Diketahui, untuk penanganan eceng gondok di danau dan sungai Tondano, pemerintah kabupaten Minahasa sudah menurunkan 3 alat berat, dibantu 1 alat berat dari PLN. (Kelly Korengkeng)