Pemkab Sangihe Apresiasi Renstra AMAN PD Kepulauan Sangihe

476

Tahuna, Mangunipost.com – Pengurus Besar (PB) Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) kembali menggelar program Rencana Strategis (Renstra) di Pengurus Wilayah (PW) AMAN Sulawesi Utara (Sulut). Kali ini, diadakan di Pengurus Daerah (PD) AMAN Kepulauan Sangihe.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Lenganeng, Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepualauan Sangihe, Senin (13/05/2019). Diawali dengan upacara ritual Menaka Paporong dan resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diwakili oleh Assisten 1 Bupati, Drs. Iklis Sombonaung.

Renstra AMAN PD KEPULAUAN SANGIHE. Dokumentasi video: Adat.tv

Bupati Kepulauan Sangihe, dalam sambutannya turut mengapresiasi agenda PD AMAN Kepulauan Sangihe yang telah menyelenggarakan Renstra.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh PB AMAN dan PW AMAN Sulut yang telah melaksanakan workshop renstra di PD AMAN Sangihe, dengan harapan hasil rebstra ini dapat ditindaklanjuti dalam konteks pembangunan masyarakat adat yang berkeadilan di bumi Tampungang Lawo ini,” ujar Sombonaung.

Menurutnya, Kabupaten Sangihe sebagai bagian integral NKRI secara geografis berada di kawasan perbatasan Indonesia-Filipina dan terdiri atas 105 pulau yang 79 diantaranya tidak berpenghuni.

“Dalam konteks NKRI, Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan merupakan garda terdepan dan cermin bukti harga diri bangsa. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Sangihe menjadikan stabilitas daerah yang terbangun dari fondasi pluralitas baik etnis, religi, maupun budaya sebagai point penting pembangunan kemasyarakatan,” ujarnya.

Pihaknya berharap AMAN sebagai organisasi yang berbasis masyarakat adat mampu menghasilkan visi dan misi yang betul-betul membela kepentingan masyarakat adat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Serta bersinergi dalam percepatan pembangunan daerah melalui peningkatan kapasitas, produktivitas dan industrialisasi berbasis komoditas unggulan lokal daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) AMAN wilayah Sulut, Lefrando Andre Gosal mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari Pemerintah maupun Masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Gosal juga menjelaskan bahwa program renstra ini merupakan salah satu agenda utama AMAN.

“Renstra bertujuan untuk memperkuat pengurus daerah. Renstra ini dilaksanakan di seluruh pengurus daerah AMAN,” paparnya.

Dijelaskannya bahwa hal ini menjadi sangat penting dikarenakan Pengurus Daerah merupakan ujung tombak organisasi yang akan bersentuhan langsung dengan komunitas masyarakat adat setempat.

“Ini menjadi sangat penting karena Pengurus Daerah adalah yang paling dekat dengan komunitas,” ungkapnya.
Ia juga berharap agar AMAN PD Sangihe dapat terus meningkatkan kualitas komunitas yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Dalam kegiatan renstra ini, AMAN telah mengutus tiga orang fasilitator yakni Nedine Helena Sulu, Matulandi Supit dan Mahir Takaka.

Sebelumnya, di wilayah Sulut sendiri, AMAN telah sukses menggelar renstra di PD Bolaang Mongondow Tengah (Bolteng) dan PD Kotamobagu.

Kegiatan pembukaan Renstra ini, turut dihadiri, Camat Tabukan Utara, Hasyim Samalam, dan Kapitalaung Kampung Lenganeng, Heski Sasundu serta para peserta dari 5 komunitas adat di PD Kepulauan Sangihe.(*)

Kontributor: Kharisma Kurama

Editor: Kalfein Wuisan