Pemkot Tomohon Hadiri Rakorpusda TPID 2018

264
Para utusan Pemkot Tomohon. (ist)

Tomohon, MP
Bagian Perekonomian Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menghadiri Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah (Rakorpusda) TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Tahun 2018 di Hotel Ambhara Jakarta, Kamis (18/10). Kegiatan ini dikhususkan bagi pemerintah daerah dari Sulawesi Utara, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Pelaksanan Tugas (Plt) Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Pengembangan Daerah (Bangda) Republik Indonesia (RI) Ir Diah Indrajati MSc mengatakan, rapat itu guna menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo. Itu terkait peningkatan perekonomian dan pengendalian inflasi.

“Pemda (pemerintah daerah) harus mengembangkan dan melakukan diskresi pengendalian inflasi di daerah masing-masing. Pemda sebaiknya segera merumuskan road map sesuai arahan dari pusat,” ujar Indrajati.

Plt Dirjen Bangda menuturkan, ada 4 hal penting dalam TPID. Itu menurut arahan Jokowi. Semisal soal ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif. Dirinya berharap, pengembangan TPID bisa disesuaikan dengan kondisi di daerah.

“Jika ada kendala, daerah dapat memetakan permasalahan yang dihadapi. Selanjutnya akan difasilitasi oleh pemerintah pusat. Tentu setiap daerah harus bisa bekerja sama dengan daerah-daerah lain. Sehingga tujuan TPID dapat dicapai,” pungkasnya.

Rakorpusda ini dihadiri Dirjen Keuangan Daerah, para Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala Biro Perkonomian, Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian masing daerah terundang. Kota Tomohon sendiri diwakili Kabag Perkonomian, Harny Korompis, Kasubag Humas dan Protokol, Merry Waluyan bersama para staf. (timmp/01)