Pemkot Tomohon Suport Kemajuan RSUD Pratama Anugerah

240
Saat peresmian RSUD Pratama Anugerah. (ist)

Tomohon, MP
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anugerah Pratama Kota Tomohon dibangun melalui alokasi dana pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Kesehatan. Kota Tomohon salah satu dari 10 daerah yang mendapatkan anggaran kesehatan nasional lewat program Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

Meski pelayanannya masih bersifat tipe D Pratama, tapi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon terus digedor. Sehingga RSUD yang terletak di Kelurahan Tumatangtang bisa naik status ke tipe D. Itu berarti, pelayanannya hampir sama dengan RS tipe C. Hal ini diakui Kepala Dinas Kesehatan, dr Deesje Liuw M Biomed belum lama.

“Ya, itu benar. Saat ini kita tinggal menunggu izin operasionalnya. Nah, ketika menjadi RS tipe D, segala fasilitas secara umum akan ditingkatkan,” ujar Liuw.

Diungkapkannya, RSUD ini melayani pasien peserta BPJS dan umum. Bahkan selama bulan Agustus, pihaknya melakukan pelayanan kesehatan gratis. Imbasnya, jumlah pasien rawat jalan mencapai 2000-an. Sedangkan rawat inap sebanyak seratusan.

Direktur RSUD Pratama Anugerah, dr Jerry Bororing memastikan, kemajuan RS ini ke depan akan lebih baik lagi. Ini dibuktikan dengan penambahan fasilitas bangunan pelayanan kelas dua. Ketika RS ini sudah tipe D, pastinya segala fasilitas telah menunjang.

“Saat ini, sebagai persyaratan pelayanan tipe D Pratama, RS ini masi menyediakan pelayanan kelas tiga,” tambah Bororing.

Sementara, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Daerah, Ir Harold Lolowang MSc menuturkan, pihaknya terus berupaya menunjang. Bahkan berniat meningkatkan pelayanan kesehatan untuk publik. Utamanya bagi masyarakat Kota Tomohon.

“Pembangunan rumah sakit ini merupakan upaya peningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Juga demi menyediakan sarana prasarana kesehatan bermutu dan terjangkau masyarakat,” kata Lolowang. (timmp/01)