Pemkot Tomohon Tingkatkan Kerja Sama Usaha Koperasi

304
Pembukaan kegiatan oleh Asisten 2, Max Mentu. (ist)

Tomohon, MP
Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon beri perhatian bagi usaha kecil menengah (UKM). Itu melalui Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM menggelar kegiatan peningkatan dan pengembangan jaringan kerja sama usaha koperasi di Kota Sejuk. Kegiatan ini dilaksanakan di Rogs Cafe Tomohon, Jumat (31/8).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Assisten Perekonomian, Max Mentu SIP MAP mengatakan, pasar global saat ini kian terbuka. Tidak dapat disangkal lagi, hal ini menimbulkan persaingan usaha yang sangat ketat. Untuk itu tentu banyak hal yang harus dilakukan para pengurus atau pengelolah koperasi.

Menurutnya, hal penting semestinya dilakukan, yakni pengurus harus mampu melakukan inovasi di segala bidang. Semisal inovasi produk sebagai hasil capaian terakhir dari koperasi dan UKM. Di dalamnya ada barang maupun jasa. Selain itu, perlu dilakukan juga inovasi pemasaran dan manajemen.

“Kami berharap ke depan koperasi yang ada di Kota Tomohon akan lebih maju, besar, dan mampu bersaing dengan pelaku usaha lainnya,” ujar Mentu.

Kepala Dinkop dan UKM, Jane Mendur SE menjelaskan, kemitraan dapat berlangsung secara efektif dan berkesinambungan. Tentu jika kemitraan dijalankan dalam kerangka berpikir pembangunan ekonomi. Kemitraan bukan hanya menyangkut dana. Tetapi juga bagaimana ketika adanya sharing manajemen maupun pengalaman.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini untuk peningkatan serta pengembangan jaringan usaha koperasi,” tutup Mendur.

Selaku narasumber dalam kegiatan, yakni Manager Dana Bank Sulutgo Cabang Tomohon, Jolanda Rambitan, KPRI Gelora Pendidikan, Jeki Walangitan. (timmp/01)