Pemprov Sulut Siap Rolling Pejabat

266
Ferdinand Mewengkang (ist)

Manado, MP

Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) yang dinahkodai Olly Dondokambey berencana reshuffle jabatan

di lingkungannya.

Langkah tersebut disambut baik Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut asalkan disesuaikan dengan ketentuan yang ada.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulut, Ferdinand Mewengkang menyampaikan, masalah rolling sudah merupakan kewenangan gubernur.

Sesuai aturan terkait kepegawaian, Penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah otoritas gubernur.

“Gubernur sebagai penjabat pembina kepegawaian. Jadi kalau itu dilakukan, kita mendukung karena yang memakai itu (pejabat, red) kan gubernur. Karena gubernur yang tahu persis kinerja pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), apakah itu kepala dinas, badan atau kepala biro,” tegas Mewengkang, Senin (6/8), di ruang kerjanya.

Wakil rakyat hanya mengharapkan agar pelaksanaan rolling itu betul-betul melewati penilaian yang objektif terhadap kinerja pejabat tersebut.

“Tapi hendaknya itu melalui suatu proses mekanisme yang ada dan dikaji sesuai kinerja. Itu sudah dinamika organiasi. Pergantian itu dinamika. Tapi kalau sering diganti?” ungkapnya.

Ia menjelaskan, syarat dalam pergantian itu karena dianggap cakap dan mampu. Kalimat tersebut yang dimunculkan ketika surat keputusan keluar.

“Itu kalimat yang ada dalam surat keputusan. Jadi ketika angkat si A dan ditanyakan kenapa diangkat? Jawabannya karena dianggap cakap dan mampu. Tapi kalau baru satu bulan?” tutupnya. (Iswan Sual)