Penataan Daerah, Pemkot Tomohon Giatkan Monev Kelembagaan

240
Sekda Lolowang membuka kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggiatkan monitoring dan evaluasi (Monev) kelembagaan. Itu terkait upaya penataan daerah yang memiliki peran penting dalam pembangunan Kota Bunga. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Ir Harold V Lolowang MSc kala membuka kegiatan Monev di lingkungan Pemkot Tomohon, Kamis (27/9).

“Pemkot Tomohon menyambut baik kegiatan ini. Apalagi ini untuk pengembangan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Tomohon. Kami pun tetap meminta petunjuk dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia terkait perundang-undangan,” ungkap Lolowang membacakan sambutan Walikota Jimmy F Eman SE Ak.

Dikatakannya, Kota Tomohon telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2016. Itu tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kota Tomohon. Perda ini sesuai dengan prinsip desain organisasi. Tentunya didasari asas efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata meja yang jelas, fleksibilitas dan ewenangan daerah. Bahkan intensitas urusan pemerintahan dan potensi daerah.

Diketahui, kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon. Dihadiri Asisten Bidang Umum Ir Corry Caroles, Asisten Bidang Perekonomian Max Mentu SIP MAP dan jajaran Pemkot Tomohon. Selaku narasumber, yakni Kasubdit Wilayah 4 Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Ditjen Otda Kemendagri, Drs H Slamet MSi dan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Sulawesi Utara, Glady Kawatu SH MH dan Kepala Bagian Organisasi dan Sumber Daya Manusia Setda Kota Tomohon, Ir Martine Mamesah MSi. (timmp/01)