Penerbangan Perdana Sriwijaya Air Rute Hangzhou-Manado Sukses

256
Pesawat Sriwijaya Air. (ist)

Manado, MP
Penerbangan Hangzhou-Manado secara perdana berjalan sukses, Rabu (06/02). Sekira pukul 5:00 Wita, melalui Maskapai Sriwijaya Air SJ-4053, 183 penumpang dari Kota Hangzhou, China tiba di Bandar Udara (Bandara) Sam Ratulangi Manado dengan selamat. 

Penerbangan perdana charter Sriwijaya Air dari dan ke Bandara Internasional Xiaoshan Hangzhou ini menggunakan pesawat Boeing 737-800. Kapasitasnya 189 penumpan. Kedatangan para turis itu disambut hangat manajemen PT Angkasa Pura I Manado, yakni Airport Operasional dan Services Manager, Yusman bersama jajarannya.

Dikabarkan, selama Februari ini, Sriwijaya Air akan melakukan penerbangan charter dari dan ke Hangzhou sebanyak tiga kali. Direncanakan pula, pada 1 April 2019, akan terbang regular charter dua kali dalam seminggu dari Nangning, China ke Manado.

“Selamat datang di Manado. Nikmatilah aneka obyek wisata di Sulawesi Utara (Sulut) yang istimewah,” kata Gubernur Olly Dondokambey selaku pelopor dibukanya Provinsi Nyiur Melambai ke Gerbang Pasifik. 

Domdokambey mengajak, masyarakat hendaknya memanfaatkan momentum pariwisata yang identik dengan banyaknya wisatawan masuk ke Sulut. Utamanya melalui aneka peluang bisnis yang bisa diciptakan untuk kemajuan perekonomian.

Sementara, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel mengatakan, sebelum Sriwijaya Air rute Hangzhou, sudah ada maskapai lain. Maksudnya, Lion Air juga telah melayani 4 rute penerbangan charter. Adalah rute dari dan ke Changsha Huanghua, Tianjin, Guangzhou Baiyun serta Shanghai Pudong. 

Diketahui, Tahun 2018 lalu, dibandingkan dengan wisatawan asing dari negara lain, turis China lebih dominan di Sulut. Menurut data Imigrasi Manado, turis China yang datang mencapai 107075 orang. Artinya, meningkat 69 persen dari jumlah periode Tahun 2017. Data terkini, yaitu periode 1 Januari hingga 5 Februari 2019, jumlah turis asing sudah mencapai hampir 20 ribu orang. (*)

Editor: Ronni Somba