Penghubung KY Sulut Sosialisasi Seleksi CHA 2021 di Kalangan Akademisi

167

MANADO, ManguniPost.com – Tahapan seleksi Calon Hakim Agung (CHA) 2021, kini tengah gencar disosialisasikan Kantor Penghubung Komisi Yudisial (KY) Sulut.

Bahkan, Koordinator Penghubung KY Sulut, Mercy Herman Umboh bersama timnya dilaporkan telah merapat ke Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), belum lama ini.

Langkah itu ditempuh guna mendorong keikutsertaan kalangan akademisi Sulut dalam seleksi CHA tahun ini.

Saat dihubungi awak media, Mercy melalui Asisten Bidang Pemantauan dan Advokasi Hakim, Welli Mataliwutan menerangkan, kunjungan ke Unsrat baru-baru ini dalam rangka mensosialisasikan tahapan seleksi CHA 2021.

Tim Penghubung KY Sulut bersama Dekan Fakultas Hukum Unsrat

“Kunjungan kami ke Unsrat Senin (08/03) dan Jumat (05/03) terkait sosialisasi penjaringan seleksi Calon Hakim pada Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2021 oleh Komisi Yudisial Republik Indonesia melalui pendaftaran secara online. Kegiatan tersebut berlangsung dengan suasana kekeluargaan,” terang Welli.

Kehadiran Mercy, Welli dan Asiten Bidang Sosialisasi dan Jejaring, Helen Andries telah disambut hangat Rektor Unsrat melalui Wakil Rektor II, Ronny Adrie Maramis.

Dalam kesempatan itu, Maramis ikut merespon positif sosialisasi ini. Dan mendukung dosen-dosen yang memenuhi syarat untuk bertarung dalam proses seleksi CHA 2021.

Selain bertandang ke rektorat Unsrat, tim Penghubung KY Sulut juga sebelumnya telah menemui Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Flora P Kalalo.

“Kami harapkan pihak kampus dapat merekomendasikan calon Hakim Agung potensial dari kalangan akademisi Unsrat,” ungkap Mercy, di hadapan Flora yang saat itu turut didampingi dua mentor/dosen Klinik Etik dan Hukum, Carlo Gerungan dan Adi Tirto Koesoemo.

Tim Penghubung KY Sulut saat berkoordinasi dengan Ketua PT Manado

Adapun diketahui, sebelum melaksanakan kegiatan sosialisasi seleksi CHA 2021, tim Mercy juga telah bertandang ke Pengadilan Tinggi (PT) Manado, dan berkoordinasi dengan Ketua PT Manado, Arif Supratman.

Sementara itu, untuk pendaftaran CHA telah dibuka secara online mulai tanggal 1-22 Maret. Dimana, kuota CHA membutuhkan 13 personil. Dengan komposisi, 2 orang untuk Kamar Perdata, 8 orang untuk Kamar Pidana, 1 orang untuk Kamar Militer, dan 2 orang untuk Kamar Tata Usaha Negara. Penjaringan CHA 2021 ini, juga didasarkan atas surat Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Nomor 7/WKMA-NY/SB/2/2021 tentang Pengisian Kekosongan Jabatan Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI. (*)