Pentury Gemakan Teori Einstein di IAKN Manado, Demi Suatu Pergerakan

141

MANADO, ManguniPost.com – Direktur Jendral (Dirjen) Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI, Thomas Pentury, Kamis (13/02) ini telah hadir di Institut Agama Kristen Negeri (IAKN).

Dalam kesempatan tersebut, Pentury yang juga adalah guru besar ilmu statistika di Universitas Pattimura, telah membawakan kuliah umum di hadapan segenap sivitas akademika IAKN Manado.

Dimana, dirinya telah memberikan pandangan tentang suatu pergerakan dengan menggaungkan teori Einstein. “Pergerakan itu membutuhkan energy. Kalau dalam teori Einstein E=MC2. M adalah massa dan C adalah kecepatan cahaya dalam ruang hampa,” tutur Pentury.

Selanjutnya, Pentury menerangkan kalau pergerakan itu memiliki tujuan. Dan di setiap pergerakan pasti ada gesekan.

Sehingga, dirinya menekankan perlunya langkah mengurangi gesekan, agar progress dari pergerakan menuju tujuan dapat berjalan lancar. Dalam hal ini, secara implisit Pentury hendak menerangkan di hadapan sivitas akademika IAKN Manado, untuk tidak menjadikan kendala sebagai batu sandungan mencapai keberhasilan.

“Eliminasi Koefisien gesekan, maka objek itu akan bergerak dengan mulus,” ungkap lelaki yang sudah 2 tahun menjabat sebagai Dirjen Ditjen Bimas Kristen itu.

Selebihnya, dirinya berharap IAKN Manado dan PTKN lainnya tetap mempertahankan standar pembelajaran. “Sehingga lulusan pendidikan tinggi di keagamaan kita paling tidak punya kualitas dalam prosesnya,” ujarnya.

“Saya berterima kasih untuk terus mengembangkan lembaga ini. Mengembangkan sikap untuk bisa maju,” pungkasnya, sembari menekankan dua hal penting, yang pertama mereview kurikulum, dan kedua memberi ruang kepada kampus merdeka. (*)

Penulis/Editor : Jack Wullur