PERADI Cetak Advokat Baru di Manado Jelang Akhir Tahun 2020

121

MANADO, ManguniPost.com – Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) di bawah pimpinan Otto Hasibuan kembali mencetak puluhan pengacara di Kota Manado.

Dimana, Senin (21/12) ini, ada sebanyak 25 advokat yang tergabung dalam PERADI telah diambil sumpahnya di Pengadilan Tinggi (PT) Manado.

Kegiatan pengangkatan dan pengambilan sumpah atau janji advokat tersebut, telah dipimpin langsung Ketua PT Manado, H Arif Supratman, dengan menerapkan protokol Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Supratman melalui sambutannya juga telah mengingatkan para advokat yang baru diambil sumpahnya, untuk bekerja secara professional, sesuai kode etik dan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Peradi Suluttenggo, Piet Kangihade didampingi Sekretarisnya, Chistiano Wenas menuturkan, bahwa 25 advokat itu telah melewati berbagai tahapan sebelum masuk proses pengambilan sumpah.

“Jadi sebelum dilakukan pengambilan sumpah, itu dilakukan pengangkatan sebagai Advokat oleh organisasi dari DPN PERADI memberikan mandat kepada kami untuk melakukan pengangkatan advokat DPC PERADI Manado. Untuk bisa dilakukan pengangkatan sekaligus penyumpahan sebagai Advokat, tentu ada tahap-tahapan pendidikan sebagai advokat, selain itu ada ujian, juga ada magang,” tutur Kangihade.

Selanjutnya, Kangihade menambahkan bahwa jelang akhir tahun 2020 ini, ada 48 orang yang diambil sumpahnya sebagai advokat PERADI. “Pada hari ini 25 orang. Dan besok ada 23 orang. Jadi karena Covid-19 dibuat menjadi dua tahap,” pungkasnya.

Selebihnya, Ketua DPC PERADI Manado itu mengharapkan agar para advokat yang baru diambil sumpahnya, ke depan dapat bekerja professional dan sesuai dengan aturan.

“Sebagai organisasi, mengharapkan adik-adik yang sudah berstatus sebagai Advokat dapat melaksanakan tugas sesuai aturan dan menjalankan kode etik dari PERADI,” tandas Kangihade.

Adapun diketahui, 25 advokat yang baru diambil sumpahnya di PT Manado itu, yakni Ahmad Daud, Andre Dully, Arichandra Hinta, Ariyati Panu, Brian Sompotan, Carlie Maun, Chrisly Paransi, Daniel Paransi, Debie Hormati, Deky Onibala, Gladi Dendape, Erick Monginsidi, Esmeralda Wurangian, Evron Sompotan, Femmy Tulangow, Fransilya Pandensolang, Gita Marsabessy, Handoko Sujudi, Herman Ulaen, Jekson Kasehung, Jelvitson Budiman, Lesli Panda, Magdalena Turangan, Marlyn Ma’i, dan Mawardi Mamonto. (*)