Perda Tibum Tomohon Disosialisasikan

202
Suasana sosialisasi. (ist)

Tomohon, MP
Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Sejuk menggelar kegiatan Fasilitasi Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan (Perpu) Perda (Peraturan Daerah) Kota Tomohon Nomor 7 Tahun 2017, tentang ketertiban umum (Tibum). Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tomohon, Rabu (10/10).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, penyelenggaraan Tibum dan ketentuan masyarakat menjadi urusan wajib. Itu menjadi kewenangan pemerintah daerah Kota Tomohon. Dalam pelaksanaannya, harus dijalankan sesuai dengan Perpu. Bahkan budaya dan tata nilai kehidupan masyarakat Kota Religi.

“Pemerintah selaku pembuat kebijakan seharusnya mempertahankan atau memelihara sesuatu yang baik tentang kota. Senantiasa berupaya merencanakan pertumbuhan dan perubahan. Konkrit pengaturan tersebut adalah membentuk peraturan daerah soal ketertiban umum,” papar Eman.

Dijelaskannya, berdasarkan Perda Tahun 2017, terdapat 10 ruang lingkup Tibum di Kota Tomohon. Antara lain tertib jalan dan angkutan jalan raya. Tertib fasilitas umum. Tertib sungai, saluran dan kolam. Tertib lingkungan. Tertib tempat usaha dan usaha tertentu. Tertib sosial. Tertib kesehatan. Tertib tempat hiburan. Peran serta masyarakat dan pembinaan serta pengawasan.

“Kegiatan ini bukan hanya sebagai payung hukum bagi penyelenggaraan ketertiban umum. Tetapi juga instrument untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemerintahan kepada masyarakat. Sehingga keberadaan Perda ini pasti bisa mewujudkan pemerintahan yang baik,” kunci Eman.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Denny Mangundap SH melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujdkan kota tomohon yang tentram dan tertib. Sehingga bisa tumbuh rasa disiplin berperilaku dalam bermasyarakat. Selaku narasumber, yakni Ketua DPRD Kota Tomohon, Ir Miky JL Wenur MAP. Kegiatan ini dihadiri Asisten Umum Ir Corry Caroles, Asisten Perekonomian Max M Mentu SIP MAP, para Kepala SKPD, Kabag, Camat dan Lurah se-Kota Tomohon. (timmp/01)