Peresmian SMAN Kanonang Terkesan Lambat, Legislator Sulut Kritisi Pemprov

576

Manado, MP

Pemeretaan pendidikan di Bumi Nyiur Melambai terkesan kurang diperhatikan pemerintahan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK). Salah satu nampak ketika bagunan persekolahan di Desa Kanonang Tiga yang diproyeksikan menjadi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kanonang, belum beroprasi karena terhambat proses peresmian.

Nada kritikan pun datang dari legislator ‘gedung cengkih’, Inggrit Sondakh. Menurutnya, peresmian SMA Negeri Kanonang masih terkesan lambat dan membuat pengoperasian sekolah tersembut terhambat.

“Kita baru bilang pa Ibu Kadis (Kepala Dinas Pendidikan, Red), mengigatkan supaya SMA Negeri Kanonang bisa beroperasi dan Kadis sudah berjanji untuk secepatnya,” ungkap Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulawesi Utara (Sulut), kepada awak media, di ruang kerjanya.

“Proses pelaksanaan tinggal menunggu peresmian. Karena semua telah selesai jadi semua tergantung dari Dinas Pendidikan sendiri. Pastinya kita akan dorong dalam dekat-dekat ini, menanyakan peresmian itu,” katanya.

Sondakh pun menegaskan, SMA Negeri Kanonang merupakan program prioritas. “Kan secara jujur itu kita pe perjuangan pribadi. Kalau sudah diperjuangkan kemudian belum beroprasi, itu disayangkan. Seharusnya menurut hemat saya, harusnya tahun ini sudah beroperasi. Makanya kita sekarang so mendesak supaya jangan terbengkalai untuk peresmian,” tegas politisi Partai Golkar dapil Sulut 6 Tomohon-Minahasa ini.

“Untuk kebutuhan dalam sekolah itu bertahap. Kalau pengoperasiannya sudah berjalan tantu pemerintah harus memperhatikan itu. Karena ini bukan kebutuhan mengada-gada, ini kebutuhan dasar untuk bisa beroperasi sekolah ini,” tandasnya. (Eka Egeten)