Persoalan Lingkungan di Bukit Tetempangan Dipertanyakan

515

Mandolang, MP

Tatempangan Hill merupakan salah satu destinasi (tempat tujuan) wisata yang sangat membanggakan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Taranyar, menyeruak kabar ke publik, tempat ini sudah jadi rebutan para pebisnis nusantara dan mancanegara. Artinya, lokasi di wilayah Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa itu sangat menjanjikan untuk investasi sektor pariwisa.

Terkait dengan informasi tersebut, sejumlah warga mulai mempertanyakan aspek lingkungan dari pengelolaan kawasan wisata tersebut. Hal itu seperti yang diungkapkan aktivis Sulut, Jack Andalangi, Rabu (8/8).

“Pertanyaan warga, bagaimana dengan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan UKL (Upaya Pengelolan Lingkungan Hidup) dan UPL (Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup), instrumen-instrumen ini merupakan langkah priventif untuk mencegah rusaknya lingkungan,” tandas Andalangi.

Warga Kecamatan Mandolang ini pun menegaskan, pemerintah wajib memperhatikan tataruang dalam hal mencegah bencana- bencana yang kemungkinan terjadi nanti.

“Sebab rumus sederhana tentang lingkungan bahwa pepohonan di bukit dan di lereng kita wajib pelihara, jangan kita tebang. Kita ketahui bersama, Tatempangan Hill atau Bujit Tetempangan diapit oleh beberapa Desa, Agotey, Koha dan Mokupa,” warning Andalangi. (tim mp)