Petani di Tomohon Dibekali Pengetahuan Pertanian

188
Walikota Eman saat membuka kegiatan. (ist)

Tomohon, MP
Demi kesejahteraan masyarakat, utamanya petani dan peternak, Pemerintah Kota Tomohon bergeliat. Melalui Dinas Pertanian, dilaksanakanlah Pelatihan Penangkaran Benih Tanaman Perkebunan dan Peternak Babi, Kamis (4/10). Kegiatan tersebut bertempat di Aula Dinas Pertanian dan diikuti sekitar 50 peserta.

Saat membuka kegiatan, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, potensi perkebunan di Kota Sejuk menyangkut tanaman cengkih seluas 1300ha dan Gula aren sebesar 190ha. Terdapat pula salah satu tanaman Palma, Akel Toumuung yang disahkan Kementerian Pertanian. Ini hanya terdapat di Kota Tomohon dan sekarang sudah mulai dibudidayakan hingga ke pelosok Indonesia.

“Lewat pelatihan ini kita berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Pemanfaatan kelompok guna memaksimalkan bahan yang ada. Sehingga menghasilkan produksi yang berkualitas. Imbasnya akan berpengaruh pada pendapatan ekonomi masyarakat,” kata Eman.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, Ir Vonny Pontoh MBA menuturkan, intinya, pihaknya selalu berupaya memberikan fasilitas dan bibit yang terbaik bagi petani. Dengan demikian upaya memenuhi kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi.

“Kita juga menyiapkan bantuan berupa Alat mesin pertanian dan bibit. Baik ternak babi maupun tanaman perkebunan,” jelas Pontoh.

Selaku narasumber dalam pelatihan tersebut, yakni Ir Elsye Tenda dari Balai Penelitian Tanaman Palma, Pemerhati Lingkungan, Martje Sumolang, Dokter Hewan, drh Eudia Kalalo dan drh Efraim Fatra. (timmp/01)