Pimpin Apel, Kapolres-Dandim Gemakan Amanat MenkoPolhukam

220

Tondano, Mangunipost.com – Amanat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (MenkoPolhukam) RI, Wiranto, telah menggema di halaman Mapolres Minahasa, Jumat (22/03).

Dimana, Kapolres Minahasa, AKBP M Denny I Situmorang bersama Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo telah membacakan amanat tersebut secara bergantian, saat memimpin apel pengamanan Pemilu 2019.

Adapun dalam amanatnya, Wiranto telah menekankan bahwa dalam proses pengamanan Pemilu serentak tahun ini, TNI-Polri bakal menerjunkan ratusan ribu personil, guna memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya.

Tak hanya itu, Wiranto juga turut memotivasi TNI-Polri dalam mengemban tugas pengamanan Pemilu sebagai tugas kehormatan dan kebanggaan. Dan menyetarakan nilai tugas tersebut dengan tugas menjaga keutuhan bangsa.

“Pada kesempatan yang baik ini, sungguh merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi saya pribadi selaku MenkoPolhukam diberikan kepercayaan menjadi pimpinan apel bersama-sama dengan Panglima TNI dan Kapolri, berdiri di hadapan para prajurit TNI-Polri, para Anggota Linmas, Ormas dan Potmas melaksanakan apel kesiapan TNI-Polri dan Komponen Bangsa lainnya dalam rangka pengamanan Pemilu serentak Tahun 2019,” tutur Kapolres Minahasa, saat membacakan amanat Wiranto.

“Hadirin peserta Apel yang berbahagia, kegiatan Apel ini dilaksanakan secara serentak dan massif di seluruh wilayah Indonesia baik itu di tingkat Provinsi maupun di tingkat Kabupaten/Kota, dengan melibatkan prajurit TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya,” sambung Dandim, saat bergantian membacakan amanat Wiranto.

“Jumlah kekuatan Prajurit TNI-Polri yang dilibatkan dalam pengaman Pemilu serentak Tahun 2019 adalah sebanyak 453.133 orang, yang didukung dengan Alutista sesuai potensi kerawanan yang ada. Jumlah kekuatan TNI-Polri ini cukup besar. Hal ini kita laksanakan semata-mata menunjukkan bahwa Negara dengan didukung oleh rakyatnya sangat serius dan bertanggung jawab agar gelaran pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti guna memilih calon legislatif dan pemimpin Nasional yang berintegritas,” papar Raharjo.

Lebih lanjut, dituturkan Dandim kalau Wiranto dalam amanatnya telah berharap agar segenap personil TNI-Polri yang mengemban tugas pengamanan Pemilu, dapat melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab.

“Untuk itu saya berharap kepada seluruh prajurit TNI-Polri dan komponen Masyarakat agar melaksanakan tugas ini dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab, karena bagi prajurit Bhayangkara Negara tugas adalah kehormatan yang tidak ternilai harganya,” pungkasnya.

Adapun dalam kegiatan apel pengamanan Pemilu di Minahasa, turut hadir serta Ketua DPRD Minahasa, James Rawung, Asisten I Pemkab Minahasa, Denny Mangala, Wakapolres Minahasa Kompol Alkat Karaow, Kadis Perhubungan Minahasa, Hendrik Kaunang, Kadis Damkar Minahasa, Alexnder Manesa, Kajari Minahasa yang diwakili oleh Nopriyanto Sihombing, Ksat Pol-PP Minahasa, Meydi Rengkuan, Ketua KPU Minahasa, Lord Malonda beserta Komisioner KPU Minahasa lainnya, Pasi Ops Kodim 1302/Minahasa, Lettu Inf Jacobus Tuju, segenap Kapolsek dan jajaran Polres Minahasa, serta perwakilan Ormas. (*)

Penulis : Kelly Korengkeng

Editor : Jack Wullur