PMR SMKN 1 Bitung & Forpis Gelar Donor Darah

458

MP, Bitung

Palang Merah Remaja (PMR) SMK N 1 Bitung dan Forpis (Forum remaja palang merah Indonesia) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Bitung melaksanakan kegiatan donor darah, pada Kamis (14/2).

Kegiatan ini mengambil tema ‘Berbagi kasih dengan sesama’ dan dilaksanakan di aula SMK N 1 Bitung.

Sampai jam 10 pagi, ada 31 orang pendonor. Jumlah ini didominasi oleh pendonor dari siswa SMA-SMK se kota Bitung.

Freyse Lahose, ketua panitia kegiatan, mengatakan bahwa ini donor darah sudah menjadi program rutin. “program kerja PMR, memang sudah rutin dilakukan, dan ini kegiatan yang kedua”, ucap Lahir selaku juga ketua PMR SMK N 1 Bitung.

Fresye Lahose

Lahose juga menyampaikan soal target kantong darah yang akan dikumpulkan.
“Tidak ada target tapi kalo mengikuti kegiatan donor tahun lalu kami berhasil mengumpulkan 30 kantong darah mudah-mudahan sekarang akan diusahakan lebih dari 30,” ujarnya.

Selain siswa, para guru juga ikut mendonorkan darah. Fernando Tambaani, Guru Komputer dan Jaringan, mengaku sudah mendonorkan darah untuk ketiga kalinya.
“Ini donor darah yang ketiga kalinya, dan memang saya lebih merasa sehat saat rutin mendonorkan darah, saya berharap bagi siswa yang sudah cukup usianya dapat rutin mendonorkan darah untuk kemanusiaan,” ungkap Tambaani.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh bagian Humas UTD (Unit Tranfusi Darah) PMI Kota Bitung, Ibu Gabriella Tumengkol.

Gabriella Tumengkol

Dijelaskan Tumengkol, bahwa harus ada strategi untuk mencukupi stok darah yang dibutuhkan.
“Untuk memenuhi kebutuhan darah kami merekrut kelompok instansi dan perusahan,  sementara saat stok darah kurang kami mengupayakan agar ada donor pengganti, makanya harus ada strategi kegiatan donor darah yang instens supaya stok darah bisa mencukupi kebutuhan darah di kota Bitung,” jelas Tumengkol.
“Biasanya kami seminggu 2 kali melaksanakan kegiatan donor darah sekaligus mensosialisasikan pentingnya donor darah, ini harus dibudayakan, jiwa sosial masyarakat harus di tingkatkan”, tambah Tumengkol.

Menurut UTD PMI, kebutuhan darah yang diperlukan adalah 2% dari penduduk kota. Saat ini UTD PMI Kota Bitung melayani kebutuhan darah di 3 rumah sakit di Bitung yaitu RSUD Manembo-nembo, RS Angkatan Laut dan RSU Budi Mulia.
Penulis: Jean Kalengkongan
Editor: Kalfein Wuisan