PN Manado Masuk Zona Pengadilan Terpadu, Pertama di Indonesia

153

MANADO, ManguniPost.com – Pengadilan Terpadu Manado secara resmi telah menjadi pilot project Mahkamah Agung (MA) RI yang pertama di Indonesia, dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat pencari keadilan.

Dimana, di area Pengadilan Terpadu seluas kurang lebih 10 hektare tersebut, telah berdiri 6 gedung pengadilan, yakni Pengadilan Negeri (PN) Manado, Pengadilan Militer, Pengadilan Tinggi (PT) Manado, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), Pengadilan Agama, serta Pengadilan Tinggi Agama.

Menurut Ketua PT Manado, Arif Supratman, Selasa (20/10), menerangkan dengan kehadiran Pengadilan Terpadu di Manado, ke depan tentunya akan membuat pelayanan hukum lebih praktis. Sebab, yang dulunya bangunannya terpisah-pisah, kini telah terpusat pada satu area.

Senada juga diungkap Ketua PN Manado, Djamaludin Ismail dan Wakil Ketua, Alfi Usup melalui Humas PN Manado, Relly Behuku.

Diterangkan Behuku, Pengadilan Terpadu yang baru diresmikan oleh Ketua MA RI, Muhammad Syarifuddin adalah satu-satunya di Indonesia. Dan PN Manado merasa bangga bisa menjadi PN pertama di Indonesia yang berada dalam zona Pengadilan Terpadu.

“Pengadilan Terpadu Manado yang terdiri atas 6 gedung pengadilan ini merupakan pilot project MA pertama di Indonesia,” terang Behuku.

Selanjutnya, dirinya mengungkapkan bahwa design serta pembangunan Pengadilan Terpadu ini dimulai semasa kepemimpinan eks Ketua MA RI, Hatta Ali. Dan telah dituntaskan dengan mulus oleh Ketua MA RI yang sekarang.

“Dengan diresmikannya Pengadilan Terpadu Manado oleh Ketua Mahkamah Agung RI, maka Sulawesi Utara telah menjadi terdepan dalam mewujudkan visi MA RI menuju peradilan agung yang modern,” pungkas Behuku.

Sementara itu, diketahui acara peresmian Pengadilan Terpadu Manado telah dirangkaikan dengan peresmian 61 gedung Pengadilan Negeri. Dimana, Ketua PN Manado telah mengikuti acara peresmian secara virtual di gedung PT Manado. Sedangkan, Wakil Ketua PN Manado, mengikuti secara virtual di gedung PN Manado bersama Sekretaris, Panitera, Hakim dan jajaran. (*)